RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pembelajaran : Kompetensi Kejuruan Tata
Busana
Kelas / Semester : XI / 4
Alokasi Waktu : 10 X 45
menit
Standar Kompetensi : Membuat Busana Anak.
Kompetensi Dasar : Menyelesaikan baju anak
dengan jahitan tangan.
Indikator :
- Langkah menjahit baju koko
- Mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan untuk jahit tangan.
- Menghias baju koko.
I.
Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan 6 dan 7
1. Siswa dapat menjahit gaun anak
sesuai langkah kerja.
2. Siswa dapat mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan
untuk jahit tangan.
3. Siswa dapat menyebutkan teknik
menghias yang cocok untuk gaun anak
4. Siswa dapat menyelesaikan gaun
anak dengan jahit tangan.
II.
Materi Ajar
1.
Langkah kerja menjahit gaun anak
2.
Alat-alat yang di butuhkan untuk jahit tangan.
3.
Menghias gaun anak dengan jahit tangan.
III.
Metode Pengajaran :
1.
Latihan
2.
Demondtrasi
3.
Pemberian tugas/tugas mandiri
IV. Langkah
Pengajaran :
Nilai Budaya karakter Bangsa ( Kerja keras, mandir,
Peduli Lingkungan, Tanggung Jawb )
Pertemuan ke-6
A.
Kegietan
Awal : (Tahap Situasional = 30 menit)
1.
Mengabsen peserta didik
2.
Mengkondisikan peserta didik
3.
Memeriksa satu persatu tugas sebelum tatap
muka/tugas terstruktur peserta didik.
4.
Mencek hasil jahitan peserta didik
5.
Membimbing peserta didik yang belum memahami tugas,
perindividu
B.
Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 60 menit,
Tahap Elaborasi dan Tahap Konfirmasi = 45 menit)
1.
Menggali pengetahuan peserta didik Kembali tentang cara menjahit Gaun anak.
2.
Mengecek alat-alat jahit siswa sesuai prosedur.
3.
Membimbing dan mengarahkan peserta didik menjahit dengan tangan gaun
anak
4.
Mengarahkan peserta didik untuk memproses setiap
langkah menjahit dengan tangan gaun anak
5.
Mengarahkan peserta didik memeriksa mutu jahit tangan dan mutu
pressing.
6.
Memberikan penguatan /masukan dari kerja siswa.
7.
Membimbing peserta didik merumuskan kesimpulan
C.
Kegietan Akhir : (Evaluasi = 20 menit, Tugas = 5
menit)
1.
Melakukan penilaian terhadap hasil kerja siswa.
2.
Menugaskan peserta didik melanjutkan pekerjaan
dirumah.
Pertemuan ke-7
A.
Kegietan
Awal : (Tahap Situasional = 30 menit)
1.
Mengabsen peserta didik
2.
Mengkondisikan peserta didik
3.
Memeriksa satu persatu tugas sebelum tatap
muka/tugas terstruktur peserta didik.
4.
Mencek hasil jahitan peserta didik
5.
Membimbing peserta didik yang belum memahami tugas,
perindividu
B.
Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 60 menit,
Tahap Elaborasi dan Tahap Konfirmasi = 45 menit)
1.
Menggali pengetahuan peserta didik Kembali tentang cara menjahit Gaun anak.
2.
Mengecek alat-alat jahit siswa sesuai prosedur.
3.
Membimbing dan mengarahkan peserta didik mengunakan aksesoris yg
tepat untuk gaun anak
4.
Mengarahkan peserta didik untuk pemasangan aksesoris
yang tepat dengan jahitan tangan pada gaun anak
5.
Mengarahkan peserta didik memeriksa mutu jahit tangan pada
aksesoris gaun anak.
6.
Memberikan penguatan /masukan dari kerja siswa.
7.
Membimbing peserta didik merumuskan kesimpulan
C.
Kegietan Akhir : (Evaluasi = 20 menit, Tugas = 5
menit)
1.
Melakukan penilaian terhadap hasil kerja siswa.
2.
Menugaskan peserta didik melanjutkan pekerjaan
dirumah
V. Alat
dan Sumber Belajar :
1.
Media papan tulis, contoh-contoh pakaian anak.
2.
Buku Penuntun Membuat Pola Busana Anak oleh Soekarno
3.
Bina Busana Pelajaran Menjahit Busana Wanita oleh
M.H. Wancik
4.
Pelajaran Menjahit Busana Pria Oleh Soekarno
VI. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian :
Tes Tertulis & Tes Kinerja
2.
Bentuk
Instrumen : Uraian/Pilihan ganda/Lembar
Observasi
No
|
Aspek Kemampuan
|
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
1
|
Mampu mengkalsifikasikan macam-macam busana anak
|
|
|
|
2
|
Mampu memotong bahan
|
|
|
|
3
|
Mampu menjahit busana anak
|
|
|
|
4
|
Mampu menyelesaikan busana anak dengan jahit tangan.
|
|
|
|
5
|
Mampu menghitung harga jual
|
|
|
|
6
|
Mampu melakukan pengepresan
|
|
|
|
Format Penilaian Afektif :
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
|
|
Partisipasi Dalam Kelompok
|
Kerjasama
|
Kelengkapan Tugas Individu/Kelompok
|
Kerapihan Hasil Kerja
|
Mengemukakan Gagasan Saat Diskusi
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Afektif:
Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Kegiatan banyak sekali atau
intensitas tinggi
2 = Kegiatan cukup atau
intensitas sedang
1 = Kegiatan kurang atau
intensitas rendah
Format Penilaian Psikomotorik
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
|
|
Menyiapkan bahan-bahan percobaan
|
Menggunting/
mengukur kain
|
Memegang Penjepit Dengan Benar
|
Menjepit Kain Ketika Pembakaran
|
Membuang Hasil Pembakaran
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman Penskoran
Psikomotorik: Skor máximum 3 dan skor mínimum 1
dengan kriteria sbb:
3 = Tindakan benar, logis, etis
2 = Tindakan benar, tidak
logis, tidak etis
1 = Tindakan salah
Format Penilaian Kognitif
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
|
|
Mengikuti Prosedur dengan Benar
|
Menganalisis data
|
Menginterpretasikan data
|
Menarik Kesimpulan
|
Merancang hipótesis baru berdasarkan kesimpulan
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kognitif :
Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Sesuai prosedur, Analisis
tepat, Interpretasi data benar, Menarik Kesimpulan dengan benar, Hipotesis
sesuai
2 = Kurang sesuai
denganprosedur, Analisis kurang tepat, Interpretasi data kurang benar,
Hipotesis kurang sTindakan benar, tidsuai
1 = Tidak sesuai dengan
prosedur, Analisis tidak tepat, Interpretasi data tidak benar, Menarik
kesimpulan tidak benar, Hipotesis tidak sesuai
Format Penilaian Kognitif Ketika Melakukan
Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
|
|
Mengajukan Pertanyaan
|
Menjawab Pertanyaan
|
Menyampaikan Argumen
|
Menyampaikan Sanggahan
|
Akurasi Informasi
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kognitif :
Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Pertanyaan logis/jawaban
tepat/argumen- sanggahan mempunyai dasar yang kuat
2 = Pertanyaan mendekati
logis/jawaban tepat/argumen-sanggahan mempunyai dasar yang kuat
1 = Pertanyaan tidak
logis/jawaban tepat/argumeb-sanggahan mempunyai dasar yang kuat
Tuban, Januari 2013
Guru Mata Pelajaran,
LPHIE KHASANAH, S.Pd.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pembelajaran : Kompetensi Kejuruan Tata
Busana
Kelas / Semester :
XI / 4
Alokasi Waktu : 5 X 45
menit
Standar Kompetensi :
Membuat Busana Anak
Kompetensi Dasar : Menghitung harga
jual.
Indikator :
-
Penghitungan harga jual dilakukan sesuai prosedur.
I.
Tujuan Pembelajaran :
1.
Siswa dapat menjelaskan cara mencari harga pokok
busana yang dibuat.
2.
Siswa dapat menjelaskan cara menghitung harga jual gaun
anak.
3.
Siswa dapat menghitung harga jual gaun anak.
II.
Materi Ajar:
Menghitung harga jual
III.
Metode Pengajaran :
1.
Latihan
2.
Demondtrasi
3.
Pemberian tugas/tugas mandiri
IV.
Langkah Pengajaran :
Nilai Budaya karakter Bangsa (Disiplin, Kerja keras,
Kreatif, Mandiri, Rasa Ingintahu )
Pertemuan ke-8
A.
Kegietan
Awal : (Tahap Situasional = 30 menit)
1.
Mengabsen peserta didik
2.
Mengkondisikan peserta didik
3.
Memeriksa satu persatu tugas sebelum tatap muka/tugas terstruktur
peserta didik
4.
Memotivasi peserta didik dengan memper lihatkan contoh rancangan bahan
dan harga
5.
Menginformasikan :
- Topik/ KD
pembelajaran
- Tujuan pembelajaran
B.
Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 60 menit,
Tahap Elaborasi dan Tahap Konfirmasi = 45 menit)
1.
Menggali pengetahuan peserta didik tentang :
- Cara mencari harga pokok gaun anak yang dibuat.
- Cara menghitung harga jual gaun anak
2.
Mengecek alat membuat rancangan bahan dan harga
peserta didik, menjelaskan cara :
- Membuat rancangan bahan dan harga gaun anak.
- Mendemonstrasikan teknik
membuat rancangan bahan dan harga.
3.
Membimbing dan mengarahkan peserta didik membuat
rancangan bahan dan harga gaun anak.
4.
Membimbing peserta
didik membuat rancangan bahan dan harga jual gaun anak.
5.
Memberikan penguatan/masukan dari kerja siswa.
6.
Membimbing peserta didik merumuskan kesimpulan.
C.
Kegietan Akhir : (Evaluasi = 20 menit, Tugas = 5
menit)
1. Melakukan penilaian terhadap hasil
kerja siswa.
2. Menugaskan peserta didik
melanjutkan pekerjaan di rumah.
V.
Alat dan Sumber Belajar :
1. Media papan tulis,
contoh-contoh pakaian anak.
2. Buku Penuntun Membuat Pola
Busana Anak oleh Soekarno
3. Bina Busana Pelajaran Menjahit
Busana Wanita oleh M.H. Wancik
4. Pelajaran Menjahit Busana Pria
Oleh Soekarno
VI.
Penilaian :
1. Teknik Penilaian : Tes Tertulis & Tes Kinerja
2. Bentuk Instrumen : Uraian/Pilihan ganda/Lembar Observasi
No
|
Aspek Kemampuan
|
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
1
|
Mampu mengkalsifikasikan macam-macam busana anak
|
|
|
|
2
|
Mampu memotong bahan
|
|
|
|
3
|
Mampu menjahit busana anak
|
|
|
|
4
|
Mampu menyelesaikan busana anak dengan jahit tangan.
|
|
|
|
5
|
Mampu menghitung harga jual
|
|
|
|
6
|
Mampu melakukan pengepresan
|
|
|
|
Format Penilaian Afektif :
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
|
|
Partisipasi Dalam Kelompok
|
Kerjasama
|
Kelengkapan Tugas Individu/Kelompok
|
Kerapihan Hasil Kerja
|
Mengemukakan Gagasan Saat Diskusi
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Afektif: Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan
kriteria sbb:
3 = Kegiatan banyak sekali atau
intensitas tinggi
2 = Kegiatan cukup atau
intensitas sedang
1 = Kegiatan kurang atau
intensitas rendah
Format Penilaian Psikomotorik
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
|
|
Menyiapkan bahan-bahan percobaan
|
Menggunting/
mengukur kain
|
Memegang Penjepit Dengan Benar
|
Menjepit Kain Ketika Pembakaran
|
Membuang Hasil Pembakaran
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman Penskoran
Psikomotorik: Skor máximum 3 dan skor mínimum 1
dengan kriteria sbb:
3 = Tindakan benar, logis, etis
2 = Tindakan benar, tidak
logis, tidak etis
1 = Tindakan salah
Format Penilaian Kognitif
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
|
|
Mengikuti Prosedur dengan Benar
|
Menganalisis data
|
Menginterpretasikan data
|
Menarik Kesimpulan
|
Merancang hipótesis baru berdasarkan kesimpulan
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kognitif :
Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Sesuai prosedur, Analisis
tepat, Interpretasi data benar, Menarik Kesimpulan dengan benar, Hipotesis
sesuai
2 = Kurang sesuai
denganprosedur, Analisis kurang tepat, Interpretasi data kurang benar,
Hipotesis kurang sTindakan benar, tidsuai
1 = Tidak sesuai dengan
prosedur, Analisis tidak tepat, Interpretasi data tidak benar, Menarik
kesimpulan tidak benar, Hipotesis tidak sesuai
Format Penilaian Kognitif Ketika Melakukan
Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
|
|
Mengajukan Pertanyaan
|
Menjawab Pertanyaan
|
Menyampaikan Argumen
|
Menyampaikan Sanggahan
|
Akurasi Informasi
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kognitif :
Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Pertanyaan logis/jawaban tepat/argumen-
sanggahan mempunyai dasar yang kuat
2 = Pertanyaan mendekati
logis/jawaban tepat/argumen-sanggahan mempunyai dasar yang kuat
1 = Pertanyaan tidak
logis/jawaban tepat/argumeb-sanggahan mempunyai dasar yang kuat
Tuban, Januari 2013
Guru Mata Pelajaran,
LPHIE KHASANAH, S.Pd.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar