RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ..........................
Mata Pembelajaran : Kompetensi Kejuruan Tata
Busana
Kelas / Semester : XI / 4
Standar Kompetensi : Membuat Busana Anak
Kompetensi Dasar : Mengklasifikasi macam-macam busana anak
Alokasi Waktu : 5 X 40
menit .
Indikator
:
- Menjelaskan pengertian busana
anak.
- Mengklasisifikasikan
jenis-jenis busana anak.
I.
Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan 1
1.
Siswa dapat
menjelaskan pengertian busana anak.
2.
Siswa dapat mengelompokkan jenis-jenis busana anak.
3.
Siswa dapat menyebutkan syarat-syarat bahan untuk
membuat busana anak
II.
Materi Ajar : (teori terlampir)
1.
Pengertian busana anak
2.
Jenis-jenis busana anak
3.
Syarat-syarat bahan busana anak
III.
Metode Pengajaran yang digunakan adalah :
1. Ceramah dan
tanya jawab
2. Diskusi
3. Pemberian
tugas/tugas mandiri
IV. Langkah
Pengajaran :
Nilai Budaya karakter Bangsa ( Rasa ingin tahu )
Pertemuan ke-1
A. Kegietan Awal : (Tahap
Situasional = 30 menit)
1.
Siswa berdoa sebelum belajar
2.
Guru menanyakan pekerjaan rumah (jika ada)
3.
Guru mengaitkan hubungan materi sebelumnya, dengan
materi yang akan dibahas pada pertemuan awal
4.
Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan
rencana kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan
5.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran Membuat Busana
Anak
6.
Guru menginformasikan manfaat belajar Membuat Busana
Anak
B.
Kegiatan Inti :(Tahap Explorasi = 60 menit,
Tahap Elaborasi dan Tahap Konfirmasi = 45 menit )
1.
Memperlihatkan contoh-contoh pakaian anak
2.
Memberikan informasi awal tentang:
* Menjelaskan pengertian busana anak
* Mengklasifikasikan jenis-jenis busana
* Mendeskripsikan syarat-syarat pakaian anak
3. Membagikan peserta didik
perbangku untuk melakukan diskusi tentang:
* Klasifikasi pakaian anak ;
Baju koko,piyama, gaun, jump sweet dan baby dool anak.
* Syarat-syarat bahan, corak
dan warna untuk pakain anak.
4. Membimbing peserta didik
melakukan diskusi.
5. Membimbing dan mengarahkan
peserta didik melakukan presentasi hasil diskusi.
6. Membimbing dan mengarahkan peserta
didik membahas secara klasikal hasil
diskusi.
7. Memberikan penguatan/masukan
dari hasil diskusi.
8. Membimbing peserta didik
merumuskan kesimpulan.
9. Melakukan penilaian terhadap
materi yang telah di bahas.
C.
Kegietan Akhir : (Evaluasi = 20 menit, Tugas = 5
menit)
1.
Tes tertulis pilihan ganda ( soal terlampir )
2.
Menugaskan peserta didik membuat kliping pakaian
anak.
3.
Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam
V.
Alat dan Sumber Belajar :
1.
Media papan tulis, contoh-contoh pakaian anak.
2.
Buku Penuntun Membuat Pola Busana Anak oleh Soekarno
3.
Bina Busana Pelajaran Menjahit Busana Wanita oleh
M.H. Wancik
4.
Pelajaran Menjahit Busana Pria Oleh Soekarno
VI. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian :
Tes Tertulis & Tes Kinerja
2.
Bentuk Instrumen :
Uraian/Pilihan ganda/Lembar Observasi
No
|
Aspek Kemampuan
|
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
1
|
Mampu mengkalsifikasikan macam-macam busana anak
|
|
|
|
2
|
Mampu memotong bahan
|
|
|
|
3
|
Mampu menjahit busana anak
|
|
|
|
4
|
Mampu menyelesaikan busana anak dengan jahit tangan.
|
|
|
|
5
|
Mampu menghitung harga jual
|
|
|
|
6
|
Mampu melakukan pengepresan
|
|
|
|
Format Penilaian Afektif :
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
|
|
Partisipasi Dalam Kelompok
|
Kerjasama
|
Kelengkapan Tugas Individu/Kelompok
|
Kerapihan Hasil Kerja
|
Mengemukakan Gagasan Saat Diskusi
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Afektif:
Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Kegiatan banyak sekali atau
intensitas tinggi
2 = Kegiatan cukup atau
intensitas sedang
1 = Kegiatan kurang atau
intensitas rendah
Format Penilaian Psikomotorik
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
|
|
Menyiapkan bahan-bahan percobaan
|
Menggunting/
mengukur kain
|
Memegang Penjepit Dengan Benar
|
Menjepit Kain Ketika Pembakaran
|
Membuang Hasil Pembakaran
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman Penskoran
Psikomotorik: Skor máximum 3 dan skor mínimum 1
dengan kriteria sbb:
3 = Tindakan benar, logis, etis
2 = Tindakan benar, tidak
logis, tidak etis
1 = Tindakan salah
Format Penilaian Kognitif
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
|
|
Mengikuti Prosedur dengan Benar
|
Menganalisis data
|
Menginterpretasikan data
|
Menarik Kesimpulan
|
Merancang hipótesis baru berdasarkan kesimpulan
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kognitif :
Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Sesuai prosedur, Analisis
tepat, Interpretasi data benar, Menarik Kesimpulan dengan benar, Hipotesis
sesuai
2 = Kurang sesuai denganprosedur,
Analisis kurang tepat, Interpretasi data kurang benar, Hipotesis kurang
sTindakan benar, tidsuai
1 = Tidak sesuai dengan
prosedur, Analisis tidak tepat, Interpretasi data tidak benar, Menarik
kesimpulan tidak benar, Hipotesis tidak sesuai
Format Penilaian Kognitif Ketika Melakukan
Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
|
|
Mengajukan Pertanyaan
|
Menjawab Pertanyaan
|
Menyampaikan Argumen
|
Menyampaikan Sanggahan
|
Akurasi Informasi
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kognitif :
Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Pertanyaan logis/jawaban
tepat/argumen- sanggahan mempunyai dasar yang kuat
2 = Pertanyaan mendekati
logis/jawaban tepat/argumen-sanggahan mempunyai dasar yang kuat
1 = Pertanyaan tidak
logis/jawaban tepat/argumeb-sanggahan mempunyai dasar yang kuat
Tuban, Januari 2013
Guru Mata Pelajaran,
LPHIE KASANAH, S.Pd.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar