RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : .........................
Mata Pembelajaran : Kompetensi Kejuruan Tata
Busana
Kelas / Semester : XI / 4
Standar Kompetensi : Membuat Busana Anak
Kompetensi Dasar : Memotong
bahan (Gaun anak)
Alokasi Waktu : 20 X 45 menit
Indikator :
- Membuat pola baju koko
- Memberi tanda kampuh pada pola
- Mengunting baju koko sesuai SOP.
- Mempersiapkan bahan.
- Langkah menjahit.
I. Tujuan
Pembelajaran :
Pertemuan 2 dan 3
Setelah mengikuti pembelajaran
siswa dapat :
1. Menyebutkan alat-alat yang
digunakan untuk memotong bahan .
2. Menata/meletakkan pola pada
bahan praktek.
3. Memberi tanda pola pada bahan.
4. Menggunting bahan sesuai
SOP.
Pertemuan 4 dan 5 .
1.
Mempersiapkan bahan tambahan untuk busana gaun anak.
2.
Menjahit sesuai langkah kerja.
II. Materi
Ajar :
1.
Menata/meletakan pola.
2.
Menggunting sesuai SOP.
3.
Memberi tanda pola pada bahan.
4.
Bahan tambahan untuk.
5.
Langkah menjahit.
III.
Metode Pengajaran :
1.
Latihan
2.
Demonstrasi
3.
Pemberian tugas/tugas mandiri
IV. Langkah
Pengajaran :
Nilai Budaya karakter Bangsa ( Rasa ingin tahu )
Pertemuanke-2
A.
Kegietan
Awal : (Tahap Situasional = 30 menit)
1.
Mengabsen peserta didik
2.
Mengkondisikan peserta didik
3.
Memeriksa satu persatu tugas sebelum tatap muka/tugas
terstruktur peserta didik.
4.
Membahas tugas peserta didik
5.
Membimbing peserta didik yang belum memahami tugas, perindividu.
B.
Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 60 menit,
Tahap Elaborasi dan Tahap Konfirmasi = 45 menit )
1. Memberikan informasi awal dan
menggali pengetahuan peserta didik tentang :
-
alat-alat
yang digunakan untuk menggunting.
-
cara menata/meletakkan pola diatas bahan
-
cara memindahkan memberi tanda pola pada bahan.
-
cara menggunting bahan.
2. Membagi bahan praktek untuk
membuat busana anak.
3. Mengecek alat-alat potong siswa
4. Mendemonstrasikan cara menata
pola di atas bahan sesuai tanda pola.
5.
Menjelaskan tentang cara memotong bahan sesuai SOP
6. Mengarahkan siswa menata pola
diatas bahan.
7. Membimbing dan mengarahkan
siswa memotong bahan.
8. Membimbing siswa memindahkan
tanda pola.
9. Mengarahkan siswa memeriksa
mutu potong.
10. Memberikan penguatan/masukan
dari kerja siswa
11. Membimbing peserta didik
merumuskan kesimpulan
C.
Kegietan Akhir : (Evaluasi = 20 menit, Tugas = 5
menit)
1.
Melakukan penilaian terhadap hasil kerja siswa.
2.
Menugaskan peserta didik melanjutkan pekerjaan di
rumah.
Pertemuan
ke-3
A.
Kegietan
Awal : (Tahap Situasional = 30 menit)
1.
Mengabsen peserta didik
2.
Mengkondisikan peserta didik
3.
Memeriksa satu persatu tugas sebelum tatap
muka/tugas terstruktur peserta didik.
4.
Membahas tugas peserta didik
5.
Membimbing peserta didik yang belum memahami tugas, perindividu.
B.
Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 60 menit,
Tahap Elaborasi dan Tahap Konfirmasi = 45 menit)
1.
Memberikan informasi awal dan menggali pengetahuan
peserta didik tentang :
-
Alat-alat yang digunakan untuk menggunting.
-
Cara menata/meletakkan pola diatas bahan
-
Cara memindahkan/memberi tanda pola pada bahan.
-
Cara menggunting bahan baju koko.
2.
Membagi bahan praktek untuk membuat Baju koko.
3.
Mencek alat-alat potong siswa
4.
Mendemonstrasikan cara menata pola di atas bahan
sesuai tanda pola.
5.
Menjelaskan tentang cara memotong bahan sesuai SOP.
6. Mengarahkan siswa menata pola
diatas bahan.
7. Membimbing dan mengarahkan
siswa memotong bahan.
8. Membimbing siswa memindahkan
tanda pola.
9. Mengarahkan siswa memeriksa
mutu potong.
10. Memberikan penguatan/masukan
dari kerja siswa
11. Membimbing peserta didik
merumuskan kesimpulan
C.
Kegietan Akhir : (Evaluasi = 20 menit, Tugas = 5
menit)
1.
Melakukan penilaian terhadap hasil kerja siswa.
2.
Menugaskan peserta didik melanjutkan pekerjaan di
rumah.
Pertemuan
ke-4
A.
Kegietan
Awal : (Tahap Situasional = 30 menit)
1.
Mengabsen peserta didik
2.
Mengkondisikan peserta didik
3.
Memeriksa satu persatu tugas sebelum tatap
muka/tugas terstruktur peserta didik.
4.
Membahas tugas peserta didik
5.
Membimbing peserta didik yang belum memahami tugas,
perindividu
B.
Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 60 menit,
Tahap Elaborasi dan Tahap Konfirmasi = 45 menit)
1. Memberikan informasi awal dan
menggali pengetahuan peserta didik tentang Bahan tambahan busana anak.
2. Mencek alat-alat jahit siswa
3.
Mendemonstrasikan tentang langkah kerja menjahit buasana anak.
4.
Membimbing dan mengarahkan peserta didik menjahit gaun
anak.
5.
Mengarahkan peserta didik untuk mempres setiap
langkah menjahit baju koko
6.
Mengarahkan peserta didik memeriksa mutu jahit.
7.
Memberikan penguatan/masukan dari kerja peserta
didik
8.
Membimbing peserta didik merumuskan kesimpulan
C.
Kegietan Akhir : (Evaluasi = 20 menit, Tugas = 5
menit)
1.
Melakukan penilaian terhadap hasil kerja siswa.
2.
Menugaskan peserta didik melanjutkan pekerjaan di
rumah.
Pertemuan
ke-5
A.
Kegietan
Awal : (Tahap Situasional = 30 menit)
1.
Mengabsen peserta didik
2.
Mengkondisikan peserta didik
3.
Memeriksa satu persatu tugas sebelum tatap
muka/tugas terstruktur peserta didik.
4.
Membahas tugas peserta didik
5.
Membimbing peserta didik yang belum memahami tugas,
perindividu
B.
Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 60 menit,
Tahap Elaborasi dan Tahap Konfirmasi = 45 menit)
1. Memberikan informasi awal dan
menggali pengetahuan peserta didik tentang Bahan tambahan busana anak.
2. Mencek alat-alat jahit siswa
3.
Mendemonstrasikan tentang langkah kerja menjahit buasana gaun anak.
4.
Membimbing dan mengarahkan peserta didik menjahit gaun
anak.
5.
Mengarahkan peserta didik untuk memproses setiap
langkah menjahit gaun anak
6.
Mengarahkan peserta didik memeriksa mutu jahit.
7.
Memberikan penguatan/masukan dari kerja peserta
didik
8.
Membimbing peserta didik merumuskan kesimpulan
C.
Kegietan Akhir : (Evaluasi = 20 menit, Tugas = 5
menit)
1.
Melakukan penilaian terhadap hasil kerja siswa.
2.
Menugaskan peserta didik melanjutkan pekerjaan di
rumah.
V.
Alat dan Sumber Belajar :
1.
Media papan tulis, contoh-contoh pakaian anak.
2.
Buku Penuntun Membuat Pola Busana Anak oleh Soekarno
3.
Bina Busana Pelajaran Menjahit Busana Wanita oleh
M.H. Wancik
4.
Pelajaran Menjahit Busana Pria Oleh Soekarno
VI. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian :
Tes Tertulis & Tes Kinerja
2.
Bentuk Instrumen :
Uraian/Pilihan ganda/Lembar Observasi
No
|
Aspek Kemampuan
|
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
1
|
Mampu mengkalsifikasikan macam-macam busana anak
|
|
|
|
2
|
Mampu memotong bahan
|
|
|
|
3
|
Mampu menjahit busana anak
|
|
|
|
4
|
Mampu menyelesaikan busana anak dengan jahit tangan.
|
|
|
|
5
|
Mampu menghitung harga jual
|
|
|
|
6
|
Mampu melakukan pengepresan
|
|
|
|
Format Penilaian Afektif :
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
|
|
Partisipasi Dalam Kelompok
|
Kerjasama
|
Kelengkapan Tugas Individu/Kelompok
|
Kerapihan Hasil Kerja
|
Mengemukakan Gagasan Saat Diskusi
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Afektif: Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan
kriteria sbb:
3 = Kegiatan banyak sekali atau
intensitas tinggi
2 = Kegiatan cukup atau
intensitas sedang
1 = Kegiatan kurang atau
intensitas rendah
Format Penilaian Psikomotorik
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||||
|
|
Menyiapkan
bahan-bahan percobaan
|
Menggunting/
mengukur
kain
|
Memegang
Penjepit Dengan Benar
|
Menjepit
Kain Ketika Pembakaran
|
Membuang
Hasil Pembakaran
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman Penskoran
Psikomotorik: Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan
kriteria sbb:
3 = Tindakan benar, logis, etis
2 = Tindakan benar, tidak
logis, tidak etis
1 = Tindakan salah
Format Penilaian Kognitif
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
|
|
Mengikuti Prosedur dengan Benar
|
Menganalisis data
|
Menginterpretasikan data
|
Menarik Kesimpulan
|
Merancang hipótesis baru berdasarkan kesimpulan
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kognitif :
Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Sesuai prosedur, Analisis
tepat, Interpretasi data benar, Menarik Kesimpulan dengan benar, Hipotesis
sesuai
2 = Kurang sesuai
denganprosedur, Analisis kurang tepat, Interpretasi data kurang benar,
Hipotesis kurang sTindakan benar, tidsuai
1 = Tidak sesuai dengan
prosedur, Analisis tidak tepat, Interpretasi data tidak benar, Menarik
kesimpulan tidak benar, Hipotesis tidak sesuai
Format Penilaian Kognitif Ketika Melakukan
Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
|
|
Mengajukan Pertanyaan
|
Menjawab Pertanyaan
|
Menyampaikan Argumen
|
Menyampaikan Sanggahan
|
Akurasi Informasi
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kognitif :
Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Pertanyaan logis/jawaban
tepat/argumen- sanggahan mempunyai dasar yang kuat
2 = Pertanyaan mendekati
logis/jawaban tepat/argumen-sanggahan mempunyai dasar yang kuat
1 = Pertanyaan tidak
logis/jawaban tepat/argumeb-sanggahan mempunyai dasar yang kuat
Tuban, Januari 2013
Guru Mata Pelajaran,
LPHIE KHASANAH, S.Pd.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar