RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :.......................
Mata Pelajaran : Produktif
Kelas / Semester : XII / V
Standar
Kompetensi : Mengawasi Mutu Busana
Kompetensi Dasar : Memeriksa Mutu
Potong
Pertemuan
ke : 7 sd 8
Alokasi waktu : 4 X 45 menit
Indikator
* Hasil
potongan diperiksa kerapihannya sesuai prosedur
* Kemasan
potongan bahan diperiksa sesuai jumlah dan identitas model
*
Hasil pemeriksaan dicatat dan dilaporkan sesuai prosedur kerja.
I Tujuan Pembelajaran
* Siswa mampu memeriksa kerapihan hasil potongan sesuai
prosedur
* Siswa mampu memeriksa kemasan potongan bahan
sesuai jumlah dan identitas model
* Siswa mampu mencatat hasil pemeriksaan dan melaporkan
sesuai prosedur kerja.
I.
Materi Ajar
* Teknik memotong bahan yang benar
* Kemasan hasil potongan bahan
* Teknik membuat lapopran hasil pemeriksaan
III Metoda Pembelajaran
- Menggali informasi
- Diskussi
- Studi Pustaka
IV Langkah Pembelajaran
Nilai Budaya
Karakter Bangsa ( Kreatif, kerja keras, kerja sama rasa ingin tahu percaya diri
)
Pertemuan ke 7 sd 8
NO
|
Tahap
|
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Ket
|
1.
|
Tahap Situsional /Apersepsi
|
Pendahuluan
-
Siswa berdoa sebelum belajar
-
Menyampaikan salam kepada siswa
-
Guru mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi
yang akan diajarkan
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
|
10
menit
|
|
2.
|
Tahap Explorasi
|
Kegiatan Inti
-
Guru menjelaskan cara memotong bahan rok dan blazer sesuai prosedur dengan rapi
-
Guru mendemonstrasikan cara meletakkan pola rok dan
blazer diatas bahan
-
Guru mendemontrasikan cara menggunting bahan blazer dan
rok
-
Guru menjelaskan cara melakukan pengemasan sesuai
jumlah dan identitas model
-
Menjelaskan teknik membuat laporan hasil pemeriksaan
dan melaporkan hasil pemeriksaan sesuai prosedur
|
70
menit
|
|
3.
|
Tahap Elaborasi
|
-
Siswa mencatat penjelasan guru dan menyimpulkan hasi
pelajaran
-
Melakukan pengemasan sesuai jumlah dan identitas model
-
Membuat laporan hasil pemeriksaan
|
70
menit
|
|
4.
|
Tahap Konfirmasi
|
-
Merefleksikan hasil pembelajaran ( mengulang secara
garis besar apa yang sudah dipelajari )
-
Memeriksa laporan yang sudah dibuat siswa
|
10
menit
|
|
5.
|
Evaluasi
|
Memberikan soal postes dari materi yang sudah diberikan
1. Sebutkan
hal yang perlu diperhatikan sewaktu meletakkan pola di atas bahan
2. Sebutkan
hal yang perlu diperhatikan sewaktu menggunting bahan
3 Sebutkan hal
yang perlu diperhatikan sewaktu melakukan pengemasan
4. Sebutkan hal
yang perlu diperhatikan dalam membuat catatan dan laporan
|
15 menit
|
|
6.
|
Tugas
|
-
Menugaskan siswa membuat laporan hasil pemeriksaan
terhadap hasil potongan bahan yang berikutnya
-
Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam
|
5 menit
|
|
V Alat/Bahan/Sumber Belajar
- Alat/Bahan : - Macam-macam
alat memotong bahan
-
White board, Buku catatan
- Sumber belajar : -
Modul memotong bahan
VI Penilaian
- Metode Penilaian : - Tes lisan
- Tes tertulis
NO
|
Aspek
Kemampuan
|
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
1
|
Siswa mampu memeriksa kerapihan
hasil potongan sesuai prosedur
|
|
|
|
2
|
Siswa mampu memeriksa
kemasan potongan bahan sesuai jumlah dan identitas model
|
|
|
|
3
|
Siswa
mampu mencatat hasil pemeriksaan dan melaporkan sesuai prosedur kerja.
|
|
|
|
Psikomotorik
; Skor maximum 3 dan skor minimum 1 dengan kriteria sbb:
3= Jawaban
benar dan tepat
2= Jawaban
benar kurang lengkap
1= Jawaban
salah
Format Penilaian
NO
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||
Ukuran kemasan
|
Bentuk kemasan
|
Identitas pola
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
33
|
|
|
|
|
|
|
34
|
|
|
|
|
|
|
35
|
|
|
|
|
|
|
36
|
|
|
|
|
|
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ......................
Mata Pelajaran : Produktif
Kelas / Semester : XII / V
Standar
Kompetensi : Mengawasi Mutu Busana
Kompetensi Dasar : Memeriksa Hasil
Jahitan
Pertemuan
ke : 9 dan 10
Alokasi waktu : 4 X 45 menit
Indikator
* Urutan
/langkah kerja penjahitan diawasi sesuai dengan prosedur
* Teknik
penjahitan diperiksa sesuai dengan prosedur kerja
*
Mengawasi K3 dalam menggunakan peralatan kerja.
I Tujuan Pembelajaran
* Siswa
mampu mengawasi urutan /langkah kerja penjahitan sesuai dengan prosedur
* Siswa
mampu memeriksa teknik penjahitan sesuai dengan prosedur kerja
*
Siswa mampum mengawasi K3 dalam menggunakan peralatan kerja.
II
Materi Ajar
* Urutan
kerja menjahit
* Setikan
yang bermutu
* Teknik
jahit yang sesuai
III
Metoda Pembelajaran
- Menggali informasi
- Demonstrasi
- Studi Pustaka
IV
Langkah Pembelajaran
Nilai Budaya
Karakter Bangsa ( Kreatif, kerja keras, kerja sama rasa, ingin tahu, percaya
diri )
Pertemuan ke 9 sd 10
NO.
|
Tahap
|
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Ket
|
1.
|
Tahap Situsional /Apersepsi
|
Pendahuluan
-
Siswa berdoa sebelum belajar
-
Menyampaikan salam kepada siswa
-
Guru mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi
yang akan diajarkan
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
-
Guru menanyakan materi yang lalu
|
15
menit
|
|
2.
|
Tahap Explorasi
|
Kegiatan Inti
-
Guru menjelaskan tertib kerja menjahit blazer dan rok,serta
busana pesta straples
-
Guru menjelaskan teknik menjahit yang benar dan tepat
-
Guru menjelaskan tentang pengawasan mutu pada proses
jahit supaya tidak terjadi kesalahan
-
Guru menjelaskan tentang k3 dalam menggunakan peralatan
kerja
|
70
menit
|
|
3.
|
Tahap Elaborasi
|
-
Siswa mencatat penjelasan guru dan menyimpulkan hasil
pelajaran
-
Memeriksa teknik jahit busana agar sesuai teknik dan
langkah kerja
|
30
menit
|
|
4.
|
Tahap Konfirmasi
|
Merefleksikan hasil pembelajaran ( mengulang secara
garis besar apa yang sudah dipelajari )
|
20 menit
|
|
5.
|
Evaluasi
|
Memberikan soal postes dari materi yang sudah diberikan
1.Sebutkan langkah kerja menjahit blazer
2.Sebutkan langkah kerja menjahit rok
3.Sebutkan langkah menjahit staraples
|
40
menit
|
|
6.
|
Tugas
|
-
Guru meminta siswa menyusun langkah kerja menjahit
blazer, rok dan busana strapless
-
Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam
|
5 menit
|
|
V Alat/Bahan/Sumber Belajar
- Alat/Bahan : - Whiteboard, alat-alat tulis, alat-alat menjahit
- Sumber belajar : -
Modul Menjahit Busana Wanita
-
Modul K3
VI Penilaian
- Metode Penilaian : - Tes lisan
- Tes tertulis
- Pengamatan
NO
|
Aspek Kemampuan
|
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
1
|
Siswa mampu mengawasi urutan
/langkah kerja penjahitan sesuai dengan prosedur
|
|
|
|
2
|
Siswa mampu memeriksa teknik
penjahitan sesuai dengan prosedur kerja
|
|
|
|
3
|
Siswa
mampu mengawasi K3 dalam menggunakan peralatan kerja
|
|
|
|
Psikomotorik
; Skor maximum 3 dan skor minimum 1 dengan kriteria sbb:
3= Jawaban
benar dan tepat
2= Jawaban
benar kurang lengkap
1= Jawaban
salah
Format Penilaian
NO
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||
Langkah kerja menjahit sesuai prosedur
|
Teknik jahit sesuai prosedur kerja
|
Menggunakan peralatan sesuai prosedur dan K3
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
33
|
|
|
|
|
|
|
34
|
|
|
|
|
|
|
35
|
|
|
|
|
|
|
36
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar