RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Produktif
Kelas / Semester : XII / V
Standar Kompetens
: Mengawasi Mutu Busana
Kompetensi Dasar : Memeriksa Mutu
Pola
Pertemuan
ke : 15 sd 16
Alokasi waktu : 4 X 45 menit
Indikator
* Kelengkapan bagian-bagian pola diperiksa sesuai dengan
analisa desain
* Bentuk pola dperiksa sesuai dengan desain, garis desain,
siluet pola.
* Ukuran pola diperiksa sesuai dengan ukuran model.
* Tanda-tanda pola diperiksa sesuai dengan kriteria seperti :
tanda arah, ukuran,jumlah potongan pola.
I Tujuan Pembelajaran
* Siswa mampu
memeriksa kelengkapan bagian-bagian pola sesuai dengan analisa desain
* Siswa mampu memeriksa bentuk pola sesuai dengan
desain, garis desain, siluet pola
* Siswa mampu memeriksa ukuran pola sesuai dengan ukuran model.
* Siswa mampu memeriksa tanda-tanda pola sesuai dengan kriteria
seperti : tanda arah, ukuran,jumlah potongan pola
II Materi Ajar
* Kebersihan pola
* Pengecekan pola
* Jumlah bagian-bagian pola
sesuai desain
III Metoda Pembelajaran
- Menggali informasi
- Diskussi
- Studi Pustaka
IV Langkah
Pembelajaran
Nilai Budaya
Karakter Bangsa ( Kreatif, kerja keras, kerja sama, rasa ingin tahu, percaya
diri )
Pertemuan ke 15 sd 16
NO
|
Tahap
|
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Ket
|
1.
|
Tahap Situsional /Apersepsi
|
Pendahuluan
-
Siswa berdoa sebelum belajar
-
Menyampaikan salam kepada siswa
-
Guru mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi
yang akan diajarkan
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
-
Guru menginformasikan manfaat belajar mata
pelajaran
tsb di atas
|
10 menit
|
|
2.
|
Tahap Explorasi
|
Kegiatan Inti
-
Menjelaskan kebersihan pola dan pengecekan pola
-
Memeriksa kebersihan pola dengan
memperhatikan k3
-
Guru menjelaskan cara pengecekan ukuran pola jas
-
Guru mendemonstrasikan pengecekan tanda pola jas sesuai desain
-
Siswa melakukan
pengecekan pola sesuai desain
-
Siswa melakukan pengecekan ukuran pola sesuai dengan
model
|
70 menit
|
|
3.
|
Tahap Elaborasi
|
-
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru
-
Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas
-
Siswa bersama-sama mengecek kebersihan pola sesuai dengan memperhatikan K3
|
65 menit
|
|
4.
|
Tahap Konfirmasi
|
-
Merefleksikan hasil pembelajaran ( mengulang secara
garis besar apa yang sudah dipelajari )
-
Guru memeriksa pekerjaan siswa
|
10 menit
|
|
5.
|
Evaluasi
|
Memberikan soal postes dari materi yang sudah
dipelajari;
1
Sebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam proses
pembuatan pola
2
Sebutkan hal-hal yang diperhatikan dalam proses
pengecekan pola
3
Jelaskan cara pengecekan pola sesuai desain
4
Jelaskan cara mengecek jumlah potongan pola sesuai
desain
|
20 menit
|
|
6.
|
Tugas
|
-
Memberikan tugas mengecek ulang bagian-bagian pola
blazer
-
Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam
|
5 menit
|
|
V Alat/Bahan/Sumber Belajar
- Alat/Bahan : - Whiteboard, pita ukur, mistar pola, alat-alat tulis
- Sumber belajar : - Buku paket Pembuatan Pola
- Modul membuat pola teknik konstruksi
VI Penilaian
- Metode Penilaian : - Tes lisan
- Tes tertulis
NO
|
Aspek Kemampuan
|
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
1
|
Siswa mampu memeriksa kelengkapan
bagian-bagian pola sesuai dengan analisa desain
|
|
|
|
2
|
Siswa mampu memeriksa bentuk pola sesuai dengan
desain, garis desain, siluet pola
|
|
|
|
3
|
Siswa mampu memeriksa ukuran pola
sesuai dengan ukuran model.
|
|
|
|
4
|
Siswa mampu memeriksa tanda-tanda
pola sesuai dengan kriteria seperti : tanda arah, ukuran,jumlah potongan pola
|
|
|
|
Psikomotorik
; Skor maximum 3 dan skor minimum 1 dengan kriteria sbb:
3= Jawaban
benar dan tepat
2= Jawaban
benar kurang lengkap
1= Jawaban
salah
Format Penilaian
NO
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||
Kelengkapan bagian pola sesuai desain
|
Bentuk dan ukuran pola sesuai desain
|
Tanda-tanda pola sesuai kriteria
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : .................
Mata Pelajaran : Produktif
Kelas / Semester : XII / V
Standar
Kompetensi : Mengawasi Mutu Busana
Kompetensi Dasar : Memeriksa Mutu
Potong
Pertemuan
ke : 17
Alokasi waktu : 2 X 45 menit
Indikator
·
Hasil potongan diperiksa kerapihanya sesuai prosedur
·
Kemasan potongan bahan diperiksa sesuai jumlah dan
identitas model
·
Hasil pemeriksaan dicatat dan dilaporkan sesuai prosedur
kerja
I Tujuan
Pembelajaran
·
Siswa mampu memeriksa kerapihannya sesuai prosedur
·
Siswa mampu memeriksa kemasan potongan bahan sesuai
jumlah dan identitas model
·
Siswa mampu mencatat dan melaporkan hasi pemeriksaan
sesuai prosedur kerja
II Materi Ajar
-
Teknik memotong yang benar
-
Kemasan hasil
potongan bahan
-
Teknik membuat laporan hasil pemeriksaan
III Metoda
Pembelajaran
- Menggali informasi
- Diskussi
- Studi Pustaka
IV Langkah Pembelajaran
Nilai Budaya Karakter Bangsa (Kreatif,
kerja keras, kerja sama, rasa ingin tahu, percaya diri)
Pertemuan ke 17
NO
|
Tahap
|
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Ket
|
1.
|
Tahap Situsional /Apersepsi
|
Pendahuluan
-
Siswa berdoa sebelum belajar
-
Menyampaikan salam kepada siswa
-
Guru mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi
yang akan diajarkan
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
-
Guru menanyakan materi yang lalu
|
5 menit
|
|
2.
|
Tahap Explorasi
|
Kegiatan Inti
-
Guru menjelaskan cara memotong jas sesuai prosedur dengan rapi
-
Guru mendemonstrasikan cara meletakkan pola jas diatas
bahan
-
Guru mendemontrasikan cara menggunting bahan jas
-
Cara mengemas dan membuat identitas pola serta membuat
laporan hasil pemeriksaan sessuai prosedur
|
35 menit
|
|
3.
|
Tahap Elaborasi
|
-
Siswa memperhatikan dan mencatat penjelasan guru dan
menyimpulkan hasi pelajaran
-
Siswa memeriksa kemasan potongan bahan sesuai jumlah
dan identitas model
-
Siswa mencatat dan membuat laporan sesuai prosedur
kerja
|
30 menit
|
|
4.
|
Tahap Konfirmasi
|
-
Merefleksikan hasil pembelajaran (mengulang secara
garis besar apa yang sudah dipelajari)
-
Memeriksa laporan yang telah dibuat siswa
-
Mendiskusikan laporan yang telah dibuat siswa
|
5 menit
|
|
5.
|
Evaluasi
|
Memberikan soal postes dari materi yang sudah diberikan
1. Sebutkan
hal yang perlu diperhatikan sewaktu meletakkan pola di atas bahan
2. Sebutkan
hal yang perlu diperhatikan sewaktu menggunting bahan
3 Jelaskan
cara membuat laporan hasil pemeriksaan sesuai prosedur
4 Jelaskan
teknik mengemas pola yang sudah digunting
|
10 menit
|
|
6.
|
Tugas
|
-
Memberikan tugas membuat laporan hasil pemeriksaan sesuai
prosedur
-
Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam
|
5 menit
|
|
V Alat/Bahan/Sumber Belajar
- Alat/Bahan : - Macam-macam
alat memotong bahan
-
White board, Buku catatan
- Sumber belajar : -
Modul memotong bahan
VI Penilaian
- Metode Penilaian : - Tes lisan
- Tes tertulis
NO
|
Aspek Kemampuan
|
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
1
|
Siswa mampu memeriksa kerapihan
hasil potongan sesuai prosedur
|
|
|
|
2
|
Siswa mampu memeriksa
kemasan potongan bahan sesuai jumlah dan identitas model
|
|
|
|
3
|
Siswa
mampu mencatat hasil pemeriksaan dan melaporkan sesuai prosedur kerja.
|
|
|
|
Psikomotorik
; Skor maximum 3 dan skor minimum 1 dengan kriteria sbb:
3= Jawaban
benar dan tepat
2= Jawaban
benar kurang lengkap
1= Jawaban
salah
Format Penilaian
NO
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||
Ukuran kemasan
|
Bentuk kemasan
|
Identitas pola
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : .....................
Mata Pelajaran : Produktif
Kelas / Semester : XII / V
Standar
Kompetensi : Mengawasi Mutu Busana
Kompetensi Dasar : Memeriksa Hasil
Jahitan
Pertemuan
ke : 18 Alokasi
waktu : 2 X 45 menit
Indikator
·
Urutan/ langkah kerja penjahitan diawasi sesuai dengan
prosedur
·
Teknik penjaitan diperiksa sesuai prosedur kerja
·
Mengawasi k3 dalam menggunakan peralatan kerja
I Tujuan
Pembelajaran
· Siswa
mampu mengawasi urutan kerja penjahitan sesuai dengan prosedur
· Siswa
mampu memeriksa hasil penjahitan sesuai prosedur kerja
· Siswa
mampu mengawasi k3 dalam menggunakan peralatan kerja
II Materi Ajar
-
Urutan kerja menjahit
-
Setikan yang bermutu
-
Teknik jahit yang sesuai
III Metoda Pembelajaran
-
Menggali informasi
-
Demonstrasi
-
Studi Pustaka
IV Langkah Pembelajaran
Nilai Budaya
Karakter Bangsa (Kreatif, kerja keras, kerja sama, rasa ingin tahu, percaya
diri)
Pertemuan ke 18
NO
|
Tahap
|
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Ket
|
1.
|
Tahap Situsional /Apersepsi
|
Pendahuluan
-
Siswa berdoa sebelum belajar
-
Menyampaikan salam kepada siswa
-
Guru mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi
yang akan diajarkan
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
-
Guru menanyakan materi yang lalu
|
5 menit
|
|
2.
|
Tahap Explorasi
|
Kegiatan Inti
-
Guru menjelaskan tertib kerja menjahit jas dan,busana pesta straples
-
Teknik menjahit jas yang benar dan menjelaskan k3 dalam
pemakaian peralatan praktek
|
35
menit
|
|
3.
|
Tahap Elaborasi
|
-
Siswa mencatat penjelasan guru dan menyimpulkan hasi
pelajaran
|
15
menit
|
|
4.
|
Tahap Konfirmasi
|
Merefleksikan hasil pembelajaran ( mengulang secara
garis besar apa yang sudah dipelajari )
|
10
menit
|
|
5.
|
Evaluasi
|
Memberikan soal postes dari materi yang sudah diberikan
1.Sebutkan langkah kerja menjahit jas yang benar
2.Sebutkan teknik menjahit jas yang benar
3.Sebutkan akibat kelalaian pemakaian peralatan praktek tanpa memperhatikan k3
|
20
menit
|
|
6.
|
Tugas
|
-
Menugaskan siswa menyusun langkah kerja menjahit jas
-
Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam
|
5 menit
|
|
V Alat/Bahan/Sumber Belajar
- Alat/Bahan : - Whiteboard, alat-alat tulis, alat-alat menjahit
- Sumber belajar : -
Modul Menjahit Busana Wanita
-
Modul K3
VI Penilaian
- Metode Penilaian : - Tes lisan
- Tes tertulis
- Pengamatan
NO
|
Aspek Kemampuan
|
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
1
|
Siswa mampu mengawasi urutan
/langkah kerja penjahitan sesuai dengan prosedur
|
|
|
|
2
|
Siswa mampu memeriksa
teknik penjahitan sesuai dengan prosedur kerja
|
|
|
|
3
|
Siswa
mampu mengawasi K3 dalam menggunakan peralatan kerja
|
|
|
|
Psikomotorik
; Skor maximum 3 dan skor minimum 1 dengan kriteria sbb:
3= Jawaban
benar dan tepat
2= Jawaban
benar kurang lengkap
1= Jawaban
salah
Format Penilaian
NO
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||
Langkah kerja menjahit sesuai prosedur
|
Teknik jahit sesuai prosedur kerja
|
Menggunakan peralatan sesuai prosedur dan K3
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
33
|
|
|
|
|
|
|
34
|
|
|
|
|
|
|
35
|
|
|
|
|
|
|
36
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar