Sabtu, 02 Februari 2013

Contoh RPP Berkarakter_"Membuat Busana Anak" Pertemuan 9-13



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pembelajaran                     :    Kompetensi Kejuruan Tata Busana
Kelas / Semester                         :    XI  / 4
Alokasi Waktu                              :    5 X  45 menit
       Standar Kompetensi                    :    Membuat Busana Anak                                   
Kompetensi Dasar                       :    Melakukan pengepresan. 
   
Indikator :
-  Tempat kerja disiapkan sesuai dengan standar ergonomic.
-  Pekerjaan ditempatkan pada mesin sesuai persyaratan produk dan prosedur kerja.
-  Pengaturan suhu alat pengepresan pada waktu pelaksanaan disesuaikan dengan persyaratan produk,  spesifikasi kain dan prosedur kerja.

I.      Tujuan Pembelajaran :
1.    Siswa dapat menjelaskan dan menunjukkan ketelitian dalam mempersiapkan tempat dan alat pres.
2.    Siswa dapat menjelaskan cara mengerjakan pengepresan.
3.    Siswa dapat menjelaskan dan melakukan pekerjaan pengepresan pada gaun anak.

II.      Materi Ajar
  1. Mempersiapkan tempat dan alat pres.
  2. Teknik pengepresan pada busana gaun anak.

III.   Metode Pengajaran :
1.    Latihan
2.    Demondtrasi
3.    Pemberian tugas/tugas mandiri

IV.  Langkah Pengajaran :
Nilai Budaya karakter Bangsa ( Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Rasa ingin tahu)
Pertemuan ke-9
A.   Kegietan Awal : (Tahap Situasional = 30 menit)
1.    Mengabsen peserta didik
2.    Mengkondisikan peserta didik
3.    Memeriksa satu persatu tugas sebelum tatap muka/tugas terstruktur peserta didik
4.    Membahas tugas peserta didik
5.    Membimbing peserta didik yang belum memahami tugas, perindividu
6.    Menginformasikan :
- Topik/KD pembelajaran.
- Tujuan pembelajaran.

B.   Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 60 menit, Tahap Elaborasi dan Tahap Konfirmasi = 45 menit)
1.    Memberikan informasi awal dan menggali pengetahuan peserta didik tentang ;
- Menjelaskan dan menunjukkan ketelitian dalam mempersiapkan tempat dan alat pres.
- Menjelaskan cara mengerjakan pengepresan.
- Menjelaskan dan melakukan  pekerjaan pengepresan pada busana gaun anak     
2.    Mendemonstrasikan tentang ;
-  Teknik menyeterika yang tepat.
-  Teknik melipat yang tepat.
-  Teknik mengemas dan menyimpan gaun anak.
3.    Membimbing dan mengarahkan peserta didik melakukan pengepresan gaun anak
4.    Mengarahkan peserta didik untuk mengepres setiap langkah menjahit gaun anak.
5.    Mengarahkan peserta didik memperbaiki mutu jahit dan mutu pressing.
6.    Memberikan penguatan/masukan dari kerja siswa.
7.    Membimbing peserta didik merumuskan kesimpulan

C.   Kegietan Akhir : (Evaluasi = 20 menit, Tugas = 5 menit)
1.    Melakukan penilaian terhadap hasil kerja siswa.
2.    Melakukan penilaian terhadap hasil kerja siswa.

V.    Alat dan Sumber Belajar :
1.    Media papan tulis, contoh-contoh pakaian anak.
2.    Buku Penuntun Membuat Pola Busana Anak oleh Soekarno
3.    Bina Busana Pelajaran Menjahit Busana Wanita oleh M.H. Wancik
4.    Pelajaran Menjahit Busana Pria Oleh Soekarno
            
VI.  Penilaian  :
1.    Teknik Penilaian         : Tes Tertulis & Tes Kinerja
2.    Bentuk Instrumen       : Uraian/Pilihan ganda/Lembar Observasi

No
Aspek Kemampuan
Kurang
Cukup
Baik
1
Mampu mengkalsifikasikan macam-macam busana anak



2
Mampu memotong bahan



3
Mampu menjahit busana anak



4
Mampu menyelesaikan busana anak dengan jahit tangan.



5
Mampu menghitung harga jual



6
Mampu melakukan pengepresan





Format Penilaian Afektif         :
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai


Partisipasi Dalam Kelompok
Kerjasama
Kelengkapan Tugas Individu/Kelompok
Kerapihan Hasil Kerja
Mengemukakan Gagasan Saat Diskusi


1








2








3








4








5








6









 Afektif: Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Kegiatan banyak sekali atau intensitas tinggi
2 = Kegiatan cukup atau intensitas sedang
1 = Kegiatan kurang atau intensitas rendah

Format Penilaian Psikomotorik
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai


Menyiapkan bahan-bahan percobaan
Menggunting/
mengukur kain
Memegang Penjepit Dengan Benar
Menjepit Kain Ketika Pembakaran
Membuang Hasil Pembakaran


1








2








3








4








5








6









Pedoman Penskoran
Psikomotorik: Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Tindakan benar, logis, etis
2 = Tindakan benar, tidak logis, tidak etis
1 = Tindakan salah

Format Penilaian Kognitif
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai


Mengikuti Prosedur dengan Benar
Menganalisis data
Menginterpretasikan data
Menarik Kesimpulan
Merancang hipótesis baru berdasarkan kesimpulan


1








2








3








4








5








6









Kognitif            : Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Sesuai prosedur, Analisis tepat, Interpretasi data benar, Menarik Kesimpulan dengan benar, Hipotesis sesuai
2 = Kurang sesuai denganprosedur, Analisis kurang tepat, Interpretasi data kurang benar, Hipotesis kurang sTindakan benar, tidsuai
1 = Tidak sesuai dengan prosedur, Analisis tidak tepat, Interpretasi data tidak benar, Menarik kesimpulan tidak benar, Hipotesis tidak sesuai
Format Penilaian Kognitif Ketika Melakukan Diskusi
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai


Mengajukan Pertanyaan
Menjawab Pertanyaan
Menyampaikan Argumen
Menyampaikan Sanggahan
Akurasi Informasi


1








2








3








4








5








6









Kognitif            : Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Pertanyaan logis/jawaban tepat/argumen- sanggahan mempunyai dasar yang kuat
2 = Pertanyaan mendekati logis/jawaban tepat/argumen-sanggahan mempunyai dasar yang kuat
1 = Pertanyaan tidak logis/jawaban tepat/argumeb-sanggahan mempunyai dasar yang kuat


Tuban,  Januari 2013
Guru Mata Pelajaran,



LPHIE KHASANAH

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pembelajaran                     : Kompetensi Kejuruan Tata Busana
Kelas / Semester                         : XI / 4
Alokasi Waktu                              : 20  X  45  menit
       Standar Kompetensi                    : Membuat Busana  Anak                                    
Kompetensi Dasar                       : Memotong bahan (Jump Sweet)                                                                                                                                                 Menjahit busana (Jump Sweet)

  Indikator :
-  Meletakkan pola piyama.
-  Memberi tanda kampuh pada pola Jump Sweet.
-  Mengunting piyama sesuai SOP.
-  Mempersiapkan bahan tambahan untuk Jump Sweet.
-  Langkah menjahit Jump Sweet.
         
I.    Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan  10 dan 11
Setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat :
1.    Menyebutkan alat-alat yang digunakan untuk memotong bahan .
2.    Menata/meletakkan pola Jump Sweet pada bahan praktek.
3.    Memberi tanda  pola pada bahan Jump Sweet.
4.    Menggunting bahan Jump Sweet sesuai SOP.

Pertemuan  12 dan 13 .
1.    Mempersiapkan bahan tambahan untuk Jump Sweet.
2.    Menjahit  Jump Sweet sesuai langkah kerja.

II.  Materi Ajar :
1.    Menata/meletakan pola Jump Sweet.
2.    Menggunting Jump Sweet sesuai SOP.
3.    Memberi tanda pola pada bahan Jump Sweet.
4.    Bahan tambahan untuk Jump Sweet.
5.    Langkah menjahit  Jump Sweet.

III.   Metode Pembelajaran :
1.    Latihan
2.    Demonstrasi
3.    Pemberian tugas/tugas mandiri

IV.  Langkah Pengajaran :
Nilai Budaya karakter Bangsa (Jujur, Kerja Keras, mandiri, Rasa ingin Tahu )

Pertemuan ke-10
A.   Kegietan Awal : (Tahap Situasional = 30 menit)
1.    Mengabsen peserta didik
2.    Mengkondisikan peserta didik
3.    Memeriksa satu persatu tugas sebelum tatap muka/tugas terstruktur peserta didik.
4.    Membahas tugas peserta didik
5.    Membimbing peserta didik yang belum memahami tugas, perindividu.
B.   Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 60 menit, Tahap Elaborasi dan Tahap Konfirmasi = 45 menit)
1.    Memberikan informasi awal dan menggali pengetahuan peserta didik tentang :
-       Alat-alat yang digunakan untuk menggunting.
-       Cara menata/meletakkan pola Jump Sweet.
-       Cara memindahkan /memberi tanda pola  pada bahan Jump Sweet.
-       Cara menggunting bahan Jump Sweet.
-       Pola Jump Sweet.
2.    Membagi bahan praktek untuk membuat Jump Sweet.
3.    Mencek alat-alat potong siswa
4.    Mendemonstrasikan cara menata pola diatas bahan sesuai tanda pola.
5.    Menjelaskan tentang cara memotong sesuai SOP.
6.    Mengarahkan siswa menata pola diatas bahan.
7.    Membimbing dan mengarahkan siswa memotong bahan.
8.    Membimbing siswa memindahkan tanda pola.
9.    Mengarahkan siswa memeriksa mutu potong.
10.  Memberikan penguatan/masukan dari kerja siswa
11.  Membimbing peserta didik merumuskan kesimpulan.

C.   Kegietan Akhir : (Evaluasi = 20 menit, Tugas = 5 menit)
1.    Melakukan penilaian terhadap hasil kerja siswa.
2.    Menugaskan peserta didik melanjutkan pekerjaan di rumah.

Pertemuan ke-11
A.   Kegietan Awal : (Tahap Situasional = 30 menit)
1.    Mengabsen peserta didik
2.    Mengkondisikan peserta didik
3.    Memeriksa satu persatu tugas sebelum tatap muka/tugas terstruktur peserta didik.
4.    Membahas tugas peserta didik
5.    Membimbing peserta didik yang belum memahami tugas, perindividu.

B.   Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 60 menit, Tahap Elaborasi dan Tahap Konfirmasi = 45 menit)
1.    Memberikan informasi awal dan menggali pengetahuan peserta didik tentang :
-       Alat-alat yang digunakan untuk menggunting.
-       Cara menata/meletakkan pola Jump Sweet.
-       Cara memindahkan /memberi tanda pola  pada bahan Jump Sweet.
-       Cara menggunting bahan Jump Sweet.
-       Pola Jump Sweet.
2.    Membagi bahan praktek untuk membuat Jump Sweet.
3.    Mencek alat-alat potong siswa
4.    Mendemonstrasikan cara menata pola diatas bahan sesuai tanda pola.
5.    Menjelaskan tentang cara memotong sesuai SOP.
6.    Mengarahkan siswa menata pola diatas bahan.
7.    Membimbing dan mengarahkan siswa memotong bahan.
8.    Membimbing siswa memindahkan tanda pola.
9.    Mengarahkan siswa memeriksa mutu potong.
10.  Memberikan penguatan/masukan dari kerja siswa
11.  Membimbing peserta didik merumuskan kesimpulan.

C.   Kegietan Akhir : (Evaluasi = 20 menit, Tugas = 5 menit)
1.    Melakukan penilaian terhadap hasil kerja siswa.
2.    Menugaskan peserta didik melanjutkan pekerjaan di rumah.

Pertemuan ke-12
A.   Kegietan Awal : (Tahap Situasional = 30 menit)
1.    Mengabsen peserta didik
2.    Mengkondisikan peserta didik
3.    Memeriksa satu persatu tugas sebelum tatap muka/tugas terstruktur peserta didik.
4.    Membahas tugas peserta didik
5.    Membimbing peserta didik yang belum memahami tugas, perindividu

B.   Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 60 menit, Tahap Elaborasi dan Tahap Konfirmasi = 45 menit)
1.    Memberikan informasi awal dan menggali pengetahuan peserta didik tentang Bahan tambahan Jump Sweet.
2.    Mencek alat-alat jahit siswa
3.    Mendemonstrasikan tentang  langkah kerja menjahit Jump Sweet.
4.    Membimbing dan mengarahkan peserta didik menjahit Jump Sweet.
5.    Mengarahkan peserta didik untuk mempres setiap langkah menjahit Jump Sweet
6.    Mengarahkan peserta didik memeriksa mutu jahit.
7.    Memberikan penguatan/masukan dari kerja peserta didik
8.    Membimbing peserta didik merumuskan kesimpulan

C.   Kegietan Akhir : (Evaluasi = 20 menit, Tugas = 5 menit)
1.    Melakukan penilaian terhadap hasil kerja siswa.
2.    Menugaskan peserta didik melanjutkan pekerjaan di rumah.


Pertemuan ke-13
A.   Kegietan Awal : (Tahap Situasional = 30 menit)
1.    Mengabsen peserta didik
2.    Mengkondisikan peserta didik
3.    Memeriksa satu persatu tugas sebelum tatap muka/tugas terstruktur peserta didik.
4.    Membahas tugas peserta didik
5.    Membimbing peserta didik yang belum memahami tugas, perindividu

B.   Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 60 menit, Tahap Elaborasi dan Tahap Konfirmasi = 45 menit)
1.    Memberikan informasi awal dan menggali pengetahuan peserta didik tentang Bahan tambahan busana anak.
2.    Mencek alat-alat jahit siswa
3.    Mendemonstrasikan tentang  langkah kerja menjahit buasana anak Jump Sweet.
4.    Membimbing dan mengarahkan peserta didik menjahit Jump Sweet.
5.    Mengarahkan peserta didik untuk mempres setiap langkah menjahit Jump Sweet
6.    Mengarahkan peserta didik memeriksa mutu jahit.
7.    Memberikan penguatan/masukan dari kerja peserta didik
8.    Membimbing peserta didik merumuskan kesimpulan

C.   Kegiatan Akhir : (Evaluasi = 20 menit, Tugas = 5 menit)
1.    Melakukan penilaian terhadap hasil kerja siswa.
2.    Menugaskan peserta didik melanjutkan pekerjaan di rumah.

V.  Alat dan Sumber Belajar :
1.    Media papan tulis, contoh-contoh pakaian anak.
2.    Buku Penuntun Membuat Pola Busana Anak oleh Soekarno
3.    Bina Busana Pelajaran Menjahit Busana Wanita oleh M.H. Wancik
4.    Pelajaran Menjahit Busana Pria Oleh Soekarno

VI.  Penilaian    :
1.    Teknik Penilaian                       : Tes Tertulis & Tes Kinerja
2.    Bentuk Instrumen         : Uraian/Pilihan ganda/Lembar Observasi

No
Aspek Kemampuan
Kurang
Cukup
Baik
1
Mampu mengkalsifikasikan macam-macam busana anak



2
Mampu memotong bahan



3
Mampu menjahit busana anak



4
Mampu menyelesaikan busana anak dengan jahit tangan.



5
Mampu menghitung harga jual



6
Mampu melakukan pengepresan




Format Penilaian Afektif         :
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai


Partisipasi Dalam Kelompok
Kerjasama
Kelengkapan Tugas Individu/Kelompok
Kerapihan Hasil Kerja
Mengemukakan Gagasan Saat Diskusi


1








2








3








4








5








6









 Afektif: Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Kegiatan banyak sekali atau intensitas tinggi
2 = Kegiatan cukup atau intensitas sedang
1 = Kegiatan kurang atau intensitas rendah

Format Penilaian Psikomotorik
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai


Menyiapkan bahan-bahan percobaan
Menggunting/
mengukur kain
Memegang Penjepit Dengan Benar
Menjepit Kain Ketika Pembakaran
Membuang Hasil Pembakaran


1








2








3








4








5








6








Pedoman Penskoran
Psikomotorik: Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Tindakan benar, logis, etis
2 = Tindakan benar, tidak logis, tidak etis
1 = Tindakan salah

Format Penilaian Kognitif
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai


Mengikuti Prosedur dengan Benar
Menganalisis data
Menginterpretasikan data
Menarik Kesimpulan
Merancang hipótesis baru berdasarkan kesimpulan


1








2








3








4








5








6








Kognitif            : Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Sesuai prosedur, Analisis tepat, Interpretasi data benar, Menarik Kesimpulan dengan benar, Hipotesis sesuai
2 = Kurang sesuai denganprosedur, Analisis kurang tepat, Interpretasi data kurang benar, Hipotesis kurang sTindakan benar, tidsuai
1 = Tidak sesuai dengan prosedur, Analisis tidak tepat, Interpretasi data tidak benar, Menarik kesimpulan tidak benar, Hipotesis tidak sesuai

Format Penilaian Kognitif Ketika Melakukan Diskusi
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai


Mengajukan Pertanyaan
Menjawab Pertanyaan
Menyampaikan Argumen
Menyampaikan Sanggahan
Akurasi Informasi


1








2








3








4








5








6









Kognitif            : Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Pertanyaan logis/jawaban tepat/argumen- sanggahan mempunyai dasar yang kuat
2 = Pertanyaan mendekati logis/jawaban tepat/argumen-sanggahan mempunyai dasar yang kuat
1 = Pertanyaan tidak logis/jawaban tepat/argumeb-sanggahan mempunyai dasar yang kuat



Tuban,  Januari 2013
Guru Mata Pelajaran,



LPHIE KHASANAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar