RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pembelajaran : Kompetensi Kejuruan Tata Busana
Kelas / Semester : XI /
4
Alokasi Waktu : 5 X
45 menit
Standar Kompetensi : Membuat Busana Anak
Kompetensi Dasar : Melakukan pengepresan.
Indikator
:
- Tempat kerja disiapkan sesuai dengan standar
ergonomic.
- Pekerjaan ditempatkan pada mesin sesuai
persyaratan produk dan prosedur kerja.
- Pengaturan suhu alat
pengepresan pada waktu pelaksanaan disesuaikan dengan persyaratan produk, spesifikasi kain dan prosedur kerja.
I.
Tujuan Pembelajaran :
1.
Siswa dapat menjelaskan dan menunjukkan ketelitian
dalam mempersiapkan tempat dan alat pres.
2.
Siswa dapat menjelaskan cara mengerjakan
pengepresan.
3.
Siswa dapat menjelaskan dan melakukan pekerjaan
pengepresan pada gaun anak.
II.
Materi Ajar
- Mempersiapkan tempat dan alat pres.
- Teknik pengepresan pada busana gaun anak.
III.
Metode Pengajaran :
1.
Latihan
2.
Demondtrasi
3.
Pemberian tugas/tugas mandiri
IV. Langkah
Pengajaran :
Nilai Budaya karakter Bangsa ( Disiplin, Kerja
Keras, Kreatif, Mandiri, Rasa ingin tahu)
Pertemuan ke-9
A.
Kegietan
Awal : (Tahap Situasional = 30 menit)
1.
Mengabsen peserta didik
2.
Mengkondisikan peserta didik
3.
Memeriksa satu persatu tugas sebelum tatap
muka/tugas terstruktur peserta didik
4.
Membahas tugas peserta didik
5.
Membimbing peserta didik yang belum memahami tugas,
perindividu
6.
Menginformasikan :
- Topik/KD pembelajaran.
- Tujuan pembelajaran.
B.
Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 60 menit,
Tahap Elaborasi dan Tahap Konfirmasi = 45 menit)
1.
Memberikan informasi awal dan menggali pengetahuan
peserta didik tentang ;
- Menjelaskan dan menunjukkan ketelitian dalam mempersiapkan tempat dan alat
pres.
- Menjelaskan cara mengerjakan pengepresan.
- Menjelaskan dan melakukan
pekerjaan pengepresan pada busana gaun anak
2.
Mendemonstrasikan tentang ;
- Teknik menyeterika yang tepat.
- Teknik melipat yang tepat.
- Teknik mengemas dan menyimpan
gaun anak.
3.
Membimbing dan mengarahkan peserta didik melakukan
pengepresan gaun anak
4.
Mengarahkan peserta didik untuk mengepres setiap
langkah menjahit gaun anak.
5.
Mengarahkan peserta didik memperbaiki mutu jahit dan
mutu pressing.
6.
Memberikan penguatan/masukan dari kerja siswa.
7.
Membimbing peserta didik merumuskan kesimpulan
C.
Kegietan Akhir : (Evaluasi = 20 menit, Tugas = 5
menit)
1.
Melakukan penilaian terhadap hasil kerja siswa.
2.
Melakukan penilaian terhadap hasil kerja siswa.
V.
Alat dan Sumber Belajar :
1.
Media papan tulis, contoh-contoh pakaian anak.
2.
Buku Penuntun Membuat Pola Busana Anak oleh Soekarno
3.
Bina Busana Pelajaran Menjahit Busana Wanita oleh
M.H. Wancik
4.
Pelajaran Menjahit Busana Pria Oleh Soekarno
VI. Penilaian :
1. Teknik Penilaian : Tes Tertulis & Tes Kinerja
2. Bentuk Instrumen : Uraian/Pilihan ganda/Lembar Observasi
No
|
Aspek Kemampuan
|
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
1
|
Mampu mengkalsifikasikan macam-macam busana anak
|
|
|
|
2
|
Mampu memotong bahan
|
|
|
|
3
|
Mampu menjahit busana anak
|
|
|
|
4
|
Mampu menyelesaikan busana anak dengan jahit tangan.
|
|
|
|
5
|
Mampu menghitung harga jual
|
|
|
|
6
|
Mampu melakukan pengepresan
|
|
|
|
Format Penilaian Afektif :
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
|
|
Partisipasi Dalam Kelompok
|
Kerjasama
|
Kelengkapan Tugas Individu/Kelompok
|
Kerapihan Hasil Kerja
|
Mengemukakan Gagasan Saat Diskusi
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Afektif:
Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Kegiatan banyak sekali atau
intensitas tinggi
2 = Kegiatan cukup atau
intensitas sedang
1 = Kegiatan kurang atau
intensitas rendah
Format Penilaian Psikomotorik
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
|
|
Menyiapkan bahan-bahan percobaan
|
Menggunting/
mengukur kain
|
Memegang Penjepit Dengan Benar
|
Menjepit Kain Ketika Pembakaran
|
Membuang Hasil Pembakaran
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman Penskoran
Psikomotorik: Skor máximum 3 dan skor mínimum 1
dengan kriteria sbb:
3 = Tindakan benar, logis, etis
2 = Tindakan benar, tidak
logis, tidak etis
1 = Tindakan salah
Format Penilaian Kognitif
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
|
|
Mengikuti Prosedur dengan Benar
|
Menganalisis data
|
Menginterpretasikan data
|
Menarik Kesimpulan
|
Merancang hipótesis baru berdasarkan kesimpulan
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kognitif :
Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Sesuai prosedur, Analisis
tepat, Interpretasi data benar, Menarik Kesimpulan dengan benar, Hipotesis
sesuai
2 = Kurang sesuai
denganprosedur, Analisis kurang tepat, Interpretasi data kurang benar,
Hipotesis kurang sTindakan benar, tidsuai
1 = Tidak sesuai dengan
prosedur, Analisis tidak tepat, Interpretasi data tidak benar, Menarik
kesimpulan tidak benar, Hipotesis tidak sesuai
Format Penilaian Kognitif Ketika Melakukan
Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
|
|
Mengajukan Pertanyaan
|
Menjawab Pertanyaan
|
Menyampaikan Argumen
|
Menyampaikan Sanggahan
|
Akurasi Informasi
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kognitif :
Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Pertanyaan logis/jawaban
tepat/argumen- sanggahan mempunyai dasar yang kuat
2 = Pertanyaan mendekati
logis/jawaban tepat/argumen-sanggahan mempunyai dasar yang kuat
1 = Pertanyaan tidak
logis/jawaban tepat/argumeb-sanggahan mempunyai dasar yang kuat
Tuban, Januari 2013
Guru Mata Pelajaran,
LPHIE KHASANAH
Mata Pembelajaran : Kompetensi Kejuruan Tata
Busana
Kelas / Semester : XI / 4
Alokasi Waktu : 20 X
45 menit
Standar Kompetensi :
Membuat Busana Anak
Kompetensi Dasar : Memotong bahan (Jump
Sweet)
Menjahit
busana (Jump Sweet)
Indikator
:
- Meletakkan
pola piyama.
- Memberi
tanda kampuh pada pola Jump Sweet.
- Mengunting
piyama sesuai SOP.
-
Mempersiapkan bahan tambahan untuk Jump Sweet.
- Langkah
menjahit Jump Sweet.
I. Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan 10 dan
11
Setelah mengikuti pembelajaran
siswa dapat :
1.
Menyebutkan alat-alat yang digunakan untuk memotong
bahan .
2.
Menata/meletakkan pola Jump Sweet pada bahan praktek.
3.
Memberi tanda
pola pada bahan Jump Sweet.
4.
Menggunting bahan Jump Sweet sesuai SOP.
Pertemuan 12 dan 13 .
1.
Mempersiapkan bahan tambahan untuk Jump Sweet.
2.
Menjahit Jump Sweet sesuai langkah kerja.
II. Materi Ajar :
1.
Menata/meletakan pola Jump Sweet.
2.
Menggunting Jump Sweet sesuai SOP.
3.
Memberi tanda pola pada bahan Jump Sweet.
4.
Bahan tambahan untuk Jump Sweet.
5.
Langkah menjahit
Jump Sweet.
III. Metode Pembelajaran :
1.
Latihan
2.
Demonstrasi
3.
Pemberian tugas/tugas mandiri
IV. Langkah
Pengajaran :
Nilai Budaya karakter Bangsa (Jujur, Kerja Keras,
mandiri, Rasa ingin Tahu )
Pertemuan ke-10
A.
Kegietan
Awal : (Tahap Situasional = 30 menit)
1.
Mengabsen peserta didik
2.
Mengkondisikan peserta didik
3.
Memeriksa satu persatu tugas sebelum tatap
muka/tugas terstruktur peserta didik.
4.
Membahas tugas peserta didik
5.
Membimbing peserta didik yang belum memahami tugas,
perindividu.
B.
Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 60 menit,
Tahap Elaborasi dan Tahap Konfirmasi = 45 menit)
1.
Memberikan informasi awal dan menggali pengetahuan
peserta didik tentang :
-
Alat-alat yang digunakan untuk menggunting.
-
Cara menata/meletakkan pola Jump Sweet.
-
Cara memindahkan /memberi tanda pola pada bahan Jump Sweet.
-
Cara menggunting bahan Jump Sweet.
-
Pola Jump Sweet.
2.
Membagi bahan praktek untuk membuat Jump Sweet.
3.
Mencek alat-alat potong siswa
4.
Mendemonstrasikan cara menata pola diatas bahan
sesuai tanda pola.
5.
Menjelaskan tentang cara memotong sesuai SOP.
6.
Mengarahkan siswa menata pola diatas bahan.
7.
Membimbing dan mengarahkan siswa memotong bahan.
8.
Membimbing siswa memindahkan tanda pola.
9.
Mengarahkan siswa memeriksa mutu potong.
10. Memberikan penguatan/masukan
dari kerja siswa
11. Membimbing peserta didik
merumuskan kesimpulan.
C.
Kegietan Akhir : (Evaluasi = 20 menit, Tugas = 5
menit)
1.
Melakukan penilaian terhadap hasil kerja siswa.
2.
Menugaskan peserta didik melanjutkan pekerjaan di
rumah.
Pertemuan
ke-11
A.
Kegietan
Awal : (Tahap Situasional = 30 menit)
1.
Mengabsen peserta didik
2.
Mengkondisikan peserta didik
3.
Memeriksa satu persatu tugas sebelum tatap
muka/tugas terstruktur peserta didik.
4. Membahas tugas peserta didik
5. Membimbing peserta didik yang
belum memahami tugas, perindividu.
B.
Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 60 menit,
Tahap Elaborasi dan Tahap Konfirmasi = 45 menit)
1.
Memberikan informasi awal dan menggali pengetahuan
peserta didik tentang :
-
Alat-alat yang digunakan untuk menggunting.
-
Cara menata/meletakkan pola Jump Sweet.
-
Cara memindahkan /memberi tanda pola pada bahan Jump Sweet.
-
Cara menggunting bahan Jump Sweet.
-
Pola Jump Sweet.
2.
Membagi bahan praktek untuk membuat Jump Sweet.
3.
Mencek alat-alat potong siswa
4.
Mendemonstrasikan cara menata pola diatas bahan
sesuai tanda pola.
5.
Menjelaskan tentang cara memotong sesuai SOP.
6.
Mengarahkan siswa menata pola diatas bahan.
7.
Membimbing dan mengarahkan siswa memotong bahan.
8.
Membimbing siswa memindahkan tanda pola.
9.
Mengarahkan siswa memeriksa mutu potong.
10. Memberikan penguatan/masukan
dari kerja siswa
11. Membimbing peserta didik
merumuskan kesimpulan.
C.
Kegietan Akhir : (Evaluasi = 20 menit, Tugas = 5
menit)
1.
Melakukan penilaian terhadap hasil kerja siswa.
2.
Menugaskan peserta didik melanjutkan pekerjaan di
rumah.
Pertemuan
ke-12
A.
Kegietan
Awal : (Tahap Situasional = 30 menit)
1.
Mengabsen peserta didik
2.
Mengkondisikan peserta didik
3.
Memeriksa satu persatu tugas sebelum tatap
muka/tugas terstruktur peserta didik.
4.
Membahas tugas peserta didik
5.
Membimbing peserta didik yang belum memahami tugas, perindividu
B.
Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 60 menit,
Tahap Elaborasi dan Tahap Konfirmasi = 45 menit)
1.
Memberikan informasi awal dan menggali pengetahuan
peserta didik tentang Bahan tambahan Jump Sweet.
2.
Mencek alat-alat jahit siswa
3.
Mendemonstrasikan tentang langkah kerja menjahit Jump Sweet.
4.
Membimbing dan mengarahkan peserta didik menjahit
Jump Sweet.
5.
Mengarahkan peserta didik untuk mempres setiap
langkah menjahit Jump Sweet
6.
Mengarahkan peserta didik memeriksa mutu jahit.
7.
Memberikan penguatan/masukan dari kerja peserta
didik
8.
Membimbing peserta didik merumuskan kesimpulan
C.
Kegietan Akhir : (Evaluasi = 20 menit, Tugas = 5
menit)
1.
Melakukan penilaian terhadap hasil kerja siswa.
2.
Menugaskan peserta didik melanjutkan pekerjaan di
rumah.
Pertemuan ke-13
A.
Kegietan
Awal : (Tahap Situasional = 30 menit)
1.
Mengabsen peserta didik
2.
Mengkondisikan peserta didik
3.
Memeriksa satu persatu tugas sebelum tatap
muka/tugas terstruktur peserta didik.
4.
Membahas tugas peserta didik
5.
Membimbing peserta didik yang belum memahami tugas,
perindividu
B.
Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 60 menit,
Tahap Elaborasi dan Tahap Konfirmasi = 45 menit)
1.
Memberikan informasi awal dan menggali pengetahuan
peserta didik tentang Bahan tambahan busana anak.
2.
Mencek alat-alat jahit siswa
3.
Mendemonstrasikan tentang langkah kerja menjahit buasana anak Jump
Sweet.
4.
Membimbing dan mengarahkan peserta didik menjahit
Jump Sweet.
5.
Mengarahkan peserta didik untuk mempres setiap
langkah menjahit Jump Sweet
6.
Mengarahkan peserta didik memeriksa mutu jahit.
7.
Memberikan penguatan/masukan dari kerja peserta
didik
8.
Membimbing peserta didik merumuskan kesimpulan
C.
Kegiatan Akhir : (Evaluasi = 20 menit, Tugas = 5
menit)
1.
Melakukan penilaian terhadap hasil kerja siswa.
2.
Menugaskan peserta didik melanjutkan pekerjaan di
rumah.
V.
Alat dan Sumber Belajar :
1.
Media papan tulis, contoh-contoh pakaian anak.
2.
Buku Penuntun Membuat Pola Busana Anak oleh Soekarno
3.
Bina Busana Pelajaran Menjahit Busana Wanita oleh
M.H. Wancik
4.
Pelajaran Menjahit Busana Pria Oleh Soekarno
VI. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian : Tes Tertulis & Tes Kinerja
2.
Bentuk Instrumen :
Uraian/Pilihan ganda/Lembar Observasi
No
|
Aspek Kemampuan
|
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
1
|
Mampu mengkalsifikasikan macam-macam busana anak
|
|
|
|
2
|
Mampu memotong bahan
|
|
|
|
3
|
Mampu menjahit busana anak
|
|
|
|
4
|
Mampu menyelesaikan busana anak dengan jahit tangan.
|
|
|
|
5
|
Mampu menghitung harga jual
|
|
|
|
6
|
Mampu melakukan pengepresan
|
|
|
|
Format Penilaian Afektif :
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
|
|
Partisipasi Dalam Kelompok
|
Kerjasama
|
Kelengkapan Tugas Individu/Kelompok
|
Kerapihan Hasil Kerja
|
Mengemukakan Gagasan Saat Diskusi
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Afektif:
Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Kegiatan banyak sekali atau
intensitas tinggi
2 = Kegiatan cukup atau
intensitas sedang
1 = Kegiatan kurang atau
intensitas rendah
Format Penilaian Psikomotorik
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
|
|
Menyiapkan bahan-bahan percobaan
|
Menggunting/
mengukur kain
|
Memegang Penjepit Dengan Benar
|
Menjepit Kain Ketika Pembakaran
|
Membuang Hasil Pembakaran
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman Penskoran
Psikomotorik: Skor máximum 3 dan skor mínimum 1
dengan kriteria sbb:
3 = Tindakan benar, logis, etis
2 = Tindakan benar, tidak
logis, tidak etis
1 = Tindakan salah
Format Penilaian Kognitif
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
|
|
Mengikuti Prosedur dengan Benar
|
Menganalisis data
|
Menginterpretasikan data
|
Menarik Kesimpulan
|
Merancang hipótesis baru berdasarkan kesimpulan
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kognitif :
Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Sesuai prosedur, Analisis
tepat, Interpretasi data benar, Menarik Kesimpulan dengan benar, Hipotesis
sesuai
2 = Kurang sesuai
denganprosedur, Analisis kurang tepat, Interpretasi data kurang benar,
Hipotesis kurang sTindakan benar, tidsuai
1 = Tidak sesuai dengan
prosedur, Analisis tidak tepat, Interpretasi data tidak benar, Menarik
kesimpulan tidak benar, Hipotesis tidak sesuai
Format Penilaian Kognitif Ketika Melakukan
Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
|
|
Mengajukan Pertanyaan
|
Menjawab Pertanyaan
|
Menyampaikan Argumen
|
Menyampaikan Sanggahan
|
Akurasi Informasi
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kognitif :
Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Pertanyaan logis/jawaban
tepat/argumen- sanggahan mempunyai dasar yang kuat
2 = Pertanyaan mendekati
logis/jawaban tepat/argumen-sanggahan mempunyai dasar yang kuat
1 = Pertanyaan tidak
logis/jawaban tepat/argumeb-sanggahan mempunyai dasar yang kuat
Tuban, Januari 2013
Guru Mata Pelajaran,
LPHIE KHASANAH
Tidak ada komentar:
Posting Komentar