RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pembelajaran :
Kompetensi Kejuruan Tata Busana
Kelas / Semester :
XI / 4
Alokasi Waktu : 10 X 45 menit
Standar Kompetensi :
Membuat Busana Anak
Kompetensi Dasar :
Melakukan pengepresan.
Indikator :
- Tempat kerja disiapkan sesuai dengan standar
ergonomic.
- Pekerjaan ditempatkan pada mesin sesuai
persyaratan produk dan prosedur kerja.
- Pengaturan suhu alat pengepresan pada waktu
pelaksanaan disesuaikan dengan persyaratan produk, spesifikasi kain dan
prosedur kerja.
I. Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan 17 dan 18
1.
Siswa dapat menjelaskan dan menunjukkan ketelitian
dalam mempersiapkan tempat dan alat pres.
2.
Siswa dapat menjelaskan cara mengerjakan
pengepresan.
3.
Siswa dapat menjelaskan dan melakukan pekerjaan
pengepresan pada busana jump sweet
II. Materi Ajar :
1.
Mempersiapkan tempat dan alat pres.
2.
Teknik pengepresan pada busana jump sweet.
III. Metode Pembelajaran :
1.
Latihan
2.
Demonstrasi
3.
Pemberian tugas/tugas mandiri
IV. Langkah Pengajaran :
Nilai Budaya karakter Bangsa (Disiplin, Kerja Keras,
Mandiri, Rasa Ingin Tahu)
Pertemuan
ke-17
A.
Kegietan
Awal : (Tahap Situasional = 30 menit)
1.
Mengabsen peserta didik
2.
Mengkondisikan peserta didik
3.
Memeriksa satu persatu tugas sebelum tatap
muka/tugas terstruktur peserta didik
4.
Membahas tugas peserta didik
5.
Membimbing peserta didik yang belum memahami tugas,
perindividu
6.
Menginformasikan :
7.
Topik/KD pembelajaran.
8.
Tujuan pembelajaran.
B.
Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 60 menit,
Tahap Elaborasi dan Tahap Konfirmasi = 45 menit)
1.
Memberikan informasi awal dan menggali pengetahuan
peserta didik tentang ;
2.
Menjelaskan dan menunjukkan ketelitian dalam
mempersiapkan tempat dan alat pres.
3.
Menjelaskan cara mengerjakan pengepresan.
4.
Menjelaskan dan melakukan pekerjaan pengepresan pada busana jump sweet
5.
Mendemonstrasikan tentang ;
6.
Teknik menyeterika yang tepat.
7.
Teknik melipat yang tepat.
8.
Teknik mengemas dan menyimpan jump sweet.
9.
Membimbing dan mengarahkan peserta didik melakukan
pengepresan jump sweet
10. Mengarahkan peserta didik untuk
mengepres setiap langkah menjahit jump sweet.
11. Mengarahkan peserta didik
memperbaiki mutu jahit dan mutu pressing.
12. Memberikan penguatan/masukan
dari kerja siswa.
13. Membimbing peserta didik
merumuskan kesimpulan
C.
Kegietan Akhir : (Evaluasi = 20 menit, Tugas = 5
menit)
1.
Melakukan penilaian terhadap hasil kerja siswa.
2.
Melakukan penilaian terhadap hasil kerja siswa.
Pertemuan ke-18
A.
Kegietan
Awal : (Tahap Situasional = 30 menit)
1.
Mengabsen peserta didik
2.
Mengkondisikan peserta didik
3.
Memeriksa satu persatu tugas sebelum tatap
muka/tugas terstruktur peserta didik
4.
Membahas tugas peserta didik
5.
Membimbing peserta didik yang belum memahami tugas,
perindividu
6.
Menginformasikan :
7.
Topik/KD pembelajaran.
8.
Tujuan pembelajaran.
B.
Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 60 menit,
Tahap Elaborasi dan Tahap Konfirmasi = 45 menit)
1.
Memberikan informasi awal dan menggali pengetahuan
peserta didik tentang ;
2.
Menjelaskan dan menunjukkan ketelitian dalam
mempersiapkan tempat dan alat pres.
3.
Menjelaskan cara mengerjakan pengepresan.
4.
Menjelaskan dan melakukan pekerjaan pengepresan pada busana jump sweet
5.
Mendemonstrasikan tentang ;
6.
Teknik menyeterika yang tepat.
7.
Teknik melipat yang tepat.
8.
Teknik mengemas dan menyimpan jump sweet.
9.
Membimbing dan mengarahkan peserta didik melakukan
pengepresan jump sweet
10. Mengarahkan peserta didik untuk
mengepres setiap langkah menjahit jump sweet.
11. Mengarahkan peserta didik
memperbaiki mutu jahit dan mutu pressing.
12. Memberikan penguatan/masukan
dari kerja siswa.
13. Membimbing peserta didik
merumuskan kesimpulan
C.
Kegietan Akhir : (Evaluasi = 20 menit, Tugas = 5
menit)
1.
Melakukan penilaian terhadap hasil kerja siswa.
2.
Melakukan penilaian terhadap hasil kerja siswa
V. Alat dan Sumber Belajar :
1. Media papan tulis, contoh-contoh pakaian anak.
2. Buku Penuntun Membuat Pola Busana Anak oleh
Soekarno
3. Bina Busana Pelajaran Menjahit Busana Wanita
oleh M.H. Wancik
4. Pelajaran Menjahit Busana Pria Oleh Soekarno
VI. Penilaian :
a.
Teknik Penilaian :
Tes Tertulis & Tes Kinerja
b.
Bentuk Instrumen :
Uraian/Pilihan ganda/Lembar Observasi
No
|
Aspek Kemampuan
|
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
1
|
Mampu mengkalsifikasikan macam-macam busana anak
|
|
|
|
2
|
Mampu memotong bahan
|
|
|
|
3
|
Mampu menjahit busana anak
|
|
|
|
4
|
Mampu menyelesaikan busana anak dengan jahit tangan.
|
|
|
|
5
|
Mampu menghitung harga jual
|
|
|
|
6
|
Mampu melakukan pengepresan
|
|
|
|
Format Penilaian Afektif :
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
|
|
Partisipasi Dalam Kelompok
|
Kerjasama
|
Kelengkapan Tugas Individu/Kelompok
|
Kerapihan Hasil Kerja
|
Mengemukakan Gagasan Saat Diskusi
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Afektif: Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan
kriteria sbb:
3 = Kegiatan banyak sekali atau
intensitas tinggi
2 = Kegiatan cukup atau
intensitas sedang
1 = Kegiatan kurang atau
intensitas rendah
Format Penilaian Psikomotorik
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
|
|
Menyiapkan bahan-bahan percobaan
|
Menggunting/
mengukur kain
|
Memegang Penjepit Dengan Benar
|
Menjepit Kain Ketika Pembakaran
|
Membuang Hasil Pembakaran
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman Penskoran
Psikomotorik: Skor máximum 3 dan skor mínimum 1
dengan kriteria sbb:
3 = Tindakan benar, logis, etis
2 = Tindakan benar, tidak
logis, tidak etis
1 = Tindakan salah
Format Penilaian Kognitif
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
|
|
Mengikuti Prosedur dengan Benar
|
Menganalisis data
|
Menginterpretasikan data
|
Menarik Kesimpulan
|
Merancang hipótesis baru berdasarkan kesimpulan
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kognitif :
Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Sesuai prosedur, Analisis
tepat, Interpretasi data benar, Menarik Kesimpulan dengan benar, Hipotesis
sesuai
2 = Kurang sesuai
denganprosedur, Analisis kurang tepat, Interpretasi data kurang benar,
Hipotesis kurang sTindakan benar, tidsuai
1 = Tidak sesuai dengan
prosedur, Analisis tidak tepat, Interpretasi data tidak benar, Menarik
kesimpulan tidak benar, Hipotesis tidak sesuai
Format Penilaian Kognitif Ketika Melakukan
Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
|
|
Mengajukan Pertanyaan
|
Menjawab Pertanyaan
|
Menyampaikan Argumen
|
Menyampaikan Sanggahan
|
Akurasi Informasi
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kognitif :
Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Pertanyaan logis/jawaban
tepat/argumen- sanggahan mempunyai dasar yang kuat
2 = Pertanyaan mendekati
logis/jawaban tepat/argumen-sanggahan mempunyai dasar yang kuat
1 = Pertanyaan tidak
logis/jawaban tepat/argumeb-sanggahan mempunyai dasar yang kuat
Tuban, Januari 2013
Guru Mata Pelajaran,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar