RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pembelajaran : Kompetensi Kejuruan Tata
Busana
Kelas / Semester : X / I
Alokasi Waktu : 10 X 45
menit
Standar Kompetensi : Membuat Busana Anak.
Kompetensi Dasar : Menjahit Busana (Jump Sweet )
Menyelesaikan busana dengan
jahit tangan (Jump Sweet )
Indikator :
- Langkah
menjahit pola Jump Sweet.
-
Mempersiapkan alat-alat yang
dibutuhkan untuk jahit tangan.
-
Menghias busana Jump Sweet.
I.
Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan 14 dan 15
1.
Siswa dapat
mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan untuk jahit tangan.
2.
Siswa dapat menyebutkan teknik menghias yang cocok
untuk pakaian Jump Sweet
3.
Siswa dapat menyelesaikan Jump Sweet dengan jahit
tangan.
I. Materi Ajar :
- Langkah kerja menjahit tangan Jump Sweet
- Alat-alat yang di butuhkan untuk jahit tangan.
- Menghias Jump Sweet dengan jahit tangan.
II. Metode Pembelajaran :
1.
Latihan
2.
Demonstrasi
3.
Pemberian tugas/tugas mandiri
III. Langkah
Pengajaran :
Nilai Budaya karakter Bangsa ( Disiplin, Kerja
keras, Mandiri, rasa Ingin tahu )
Pertemuan
ke-14
A.
Kegietan
Awal : (Tahap Situasional = 30 menit)
1.
Mengabsen peserta didik
2.
Mengkondisikan peserta didik
3.
Memeriksa satu persatu tugas sebelum tatap
muka/tugas terstruktur peserta didik.
4.
Mencek hasil jahitan peserta didik
5.
Membimbing peserta didik yang belum memahami tugas,
perindividu
B.
Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 60 menit,
Tahap Elaborasi dan Tahap Konfirmasi = 45 menit)
1.
Menggali pengetahuan peserta didik Kembali tentang cara menjahit Jump Sweet.
2.
Mengecek alat-alat jahit siswa sesuai prosedur.
3.
Membimbing dan mengarahkan peserta didik menjahit dengan tangan
Jump Sweet
4.
Mengarahkan peserta didik untuk memproses setiap
langkah menjahit dengan tangan Jump Sweet
5.
Mengarahkan peserta didik memeriksa mutu jahit tangan dan mutu
pressing.
6.
Memberikan penguatan /masukan dari kerja siswa.
7.
Membimbing peserta didik merumuskan kesimpulan
C.
Kegietan Akhir : (Evaluasi = 20 menit, Tugas = 5
menit)
1.
Melakukan penilaian terhadap hasil kerja siswa.
2.
Menugaskan peserta didik melanjutkan pekerjaan
dirumah.
Pertemuan ke-15
A.
Kegietan
Awal : (Tahap Situasional = 30 menit)
1.
Mengabsen peserta didik
2.
Mengkondisikan peserta didik
3.
Memeriksa satu persatu tugas sebelum tatap
muka/tugas terstruktur peserta didik.
4.
Mencek hasil jahitan peserta didik
5.
Membimbing peserta didik yang belum memahami tugas,
perindividu
B.
Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 60 menit,
Tahap Elaborasi dan Tahap Konfirmasi = 45 menit)
1.
Menggali pengetahuan peserta didik Kembali tentang cara menjahit Jump Sweet.
2.
Mengecek alat-alat jahit siswa sesuai prosedur.
3.
Membimbing dan mengarahkan peserta didik mengunakan aksesoris yg
tepat untuk Jump Sweet
4.
Mengarahkan peserta didik untuk pemasangan aksesoris
yang tepat dengan jahitan tangan pada Jump Sweet
5.
Mengarahkan peserta didik memeriksa mutu jahit tangan pada aksesoris
Jump Sweet.
6.
Memberikan penguatan /masukan dari kerja siswa.
7.
Membimbing peserta didik merumuskan kesimpulan
C.
Kegietan Akhir : (Evaluasi = 20 menit, Tugas = 5
menit)
1.
Melakukan penilaian terhadap hasil kerja siswa.
2.
Menugaskan peserta didik melanjutkan pekerjaan
dirumah
V. Alat dan Sumber Belajar :
1. Media papan tulis, contoh-contoh pakaian anak.
2. Buku Penuntun Membuat Pola Busana Anak oleh
Soekarno
3. Bina Busana Pelajaran Menjahit Busana Wanita
oleh M.H. Wancik
4. Pelajaran Menjahit Busana Pria Oleh Soekarno
VI. Penilaian :
a.
Teknik Penilaian :
Tes Tertulis & Tes Kinerja
b.
Bentuk Instrumen :
Uraian/Pilihan ganda/Lembar Observasi
No
|
Aspek Kemampuan
|
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
1
|
Mampu mengkalsifikasikan macam-macam busana anak
|
|
|
|
2
|
Mampu memotong bahan
|
|
|
|
3
|
Mampu menjahit busana anak
|
|
|
|
4
|
Mampu menyelesaikan busana anak dengan jahit tangan.
|
|
|
|
5
|
Mampu menghitung harga jual
|
|
|
|
6
|
Mampu melakukan pengepresan
|
|
|
|
Format Penilaian Afektif :
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
|
|
Partisipasi Dalam Kelompok
|
Kerjasama
|
Kelengkapan Tugas Individu/Kelompok
|
Kerapihan Hasil Kerja
|
Mengemukakan Gagasan Saat Diskusi
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Afektif: Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan
kriteria sbb:
3 = Kegiatan banyak sekali atau
intensitas tinggi
2 = Kegiatan cukup atau
intensitas sedang
1 = Kegiatan kurang atau
intensitas rendah
Format Penilaian Psikomotorik
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
|
|
Menyiapkan bahan-bahan percobaan
|
Menggunting/
mengukur kain
|
Memegang Penjepit Dengan Benar
|
Menjepit Kain Ketika Pembakaran
|
Membuang Hasil Pembakaran
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman Penskoran
Psikomotorik: Skor máximum 3 dan skor mínimum 1
dengan kriteria sbb:
3 = Tindakan benar, logis, etis
2 = Tindakan benar, tidak
logis, tidak etis
1 = Tindakan salah
Format Penilaian Kognitif
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
|
|
Mengikuti Prosedur dengan Benar
|
Menganalisis data
|
Menginterpretasikan data
|
Menarik Kesimpulan
|
Merancang hipótesis baru berdasarkan kesimpulan
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kognitif :
Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Sesuai prosedur, Analisis
tepat, Interpretasi data benar, Menarik Kesimpulan dengan benar, Hipotesis
sesuai
2 = Kurang sesuai
denganprosedur, Analisis kurang tepat, Interpretasi data kurang benar,
Hipotesis kurang sTindakan benar, tidsuai
1 = Tidak sesuai dengan
prosedur, Analisis tidak tepat, Interpretasi data tidak benar, Menarik
kesimpulan tidak benar, Hipotesis tidak sesuai
Format Penilaian Kognitif Ketika Melakukan
Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
|
|
Mengajukan Pertanyaan
|
Menjawab Pertanyaan
|
Menyampaikan Argumen
|
Menyampaikan Sanggahan
|
Akurasi Informasi
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kognitif :
Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Pertanyaan logis/jawaban
tepat/argumen- sanggahan mempunyai dasar yang kuat
2 = Pertanyaan mendekati
logis/jawaban tepat/argumen-sanggahan mempunyai dasar yang kuat
1 = Pertanyaan tidak
logis/jawaban tepat/argumeb-sanggahan mempunyai dasar yang kuat
Tuban, Januari 2013
Guru Mata Pelajaran,
LPHIE KASANAH
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pembelajaran : Kompetensi Kejuruan Tata Busana
Kelas / Semester : XI / 4
Alokasi Waktu : 5 X
45 menit
Standar Kompetensi : Membuat Busana Anak
Kompetensi Dasar : Menghitung harga jual.
Indikator
:
-
Penghitungan
harga jual dilakukan sesuai prosedur.
I.
Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan 16
1.
Siswa dapat menjelaskan cara mencari harga pokok
busana yang dibuat.
2.
Siswa dapat menjelaskan cara menghitung harga jual Jump
Sweet.
3.
Siswa dapat menghitung harga jual Jump Sweet.
II. Materi Ajar :
Menghitung harga jual.
III. Metode Pembelajaran :
1.
Latihan
2.
Demonstrasi
3.
Pemberian tugas/tugas mandiri
IV. Langkah
Pengajaran :
Nilai Budaya karakter Bangsa ( Disiplin, Kerja
Keras, Mandiri, Rasa Ingin Tahu)
Pertemuan
ke-16
A.
Kegietan
Awal : (Tahap Situasional = 30 menit)
1.
Mengabsen peserta didik
2.
Mengkondisikan peserta didik
3.
Memeriksa satu persatu tugas sebelum tatap muka/tugas terstruktur
peserta didik
4.
Memotivasi peserta didik dengan memper lihatkan contoh rancangan bahan
dan harga
5.
Menginformasikan :
6.
Topik/ KD
pembelajaran
7. Tujuan pembelajaran
B.
Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 60 menit,
Tahap Elaborasi dan Tahap Konfirmasi = 45 menit)
1.
Menggali pengetahuan peserta didik tentang :
2.
Cara mencari harga pokok Jump Sweet yang dibuat.
3.
Cara menghitung harga jual Jump Sweet
4.
Mengecek alat membuat rancangan bahan dan harga
peserta didik, menjelaskan cara :
5.
Membuat rancangan bahan dan harga Jump Sweet.
6. Mendemonstrasikan teknik
membuat rancangan bahan dan harga.
7.
Membimbing dan mengarahkan peserta didik membuat
rancangan bahan dan harga Jump Sweet.
8.
Membimbing peserta
didik membuat rancangan bahan dan harga jual Jump Sweet.
9.
Memberikan penguatan/masukan dari kerja siswa.
10. Membimbing peserta didik
merumuskan kesimpulan.
C.
Kegietan Akhir : (Evaluasi = 20 menit, Tugas = 5
menit)
1.
Melakukan penilaian terhadap hasil kerja siswa.
2.
Menugaskan peserta didik melanjutkan pekerjaan di
rumah.
V. Alat dan Sumber Belajar :
1. Media papan tulis, contoh-contoh pakaian anak.
2. Buku Penuntun Membuat Pola Busana Anak oleh
Soekarno
3. Bina Busana Pelajaran Menjahit Busana Wanita
oleh M.H. Wancik
4. Pelajaran Menjahit Busana Pria Oleh Soekarno
VI. Penilaian :
a.
Teknik Penilaian :
Tes Tertulis & Tes Kinerja
b.
Bentuk Instrumen :
Uraian/Pilihan ganda/Lembar Observasi
No
|
Aspek Kemampuan
|
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
1
|
Mampu mengkalsifikasikan macam-macam busana anak
|
|
|
|
2
|
Mampu memotong bahan
|
|
|
|
3
|
Mampu menjahit busana anak
|
|
|
|
4
|
Mampu menyelesaikan busana anak dengan jahit tangan.
|
|
|
|
5
|
Mampu menghitung harga jual
|
|
|
|
6
|
Mampu melakukan pengepresan
|
|
|
|
Format Penilaian Afektif :
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
|
|
Partisipasi Dalam Kelompok
|
Kerjasama
|
Kelengkapan Tugas Individu/Kelompok
|
Kerapihan Hasil Kerja
|
Mengemukakan Gagasan Saat Diskusi
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Afektif: Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan
kriteria sbb:
3 = Kegiatan banyak sekali atau
intensitas tinggi
2 = Kegiatan cukup atau
intensitas sedang
1 = Kegiatan kurang atau
intensitas rendah
Format Penilaian Psikomotorik
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
|
|
Menyiapkan bahan-bahan percobaan
|
Menggunting/
mengukur kain
|
Memegang Penjepit Dengan Benar
|
Menjepit Kain Ketika Pembakaran
|
Membuang Hasil Pembakaran
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman Penskoran
Psikomotorik: Skor máximum 3 dan skor mínimum 1
dengan kriteria sbb:
3 = Tindakan benar, logis, etis
2 = Tindakan benar, tidak
logis, tidak etis
1 = Tindakan salah
Format Penilaian Kognitif
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
|
|
Mengikuti Prosedur dengan Benar
|
Menganalisis data
|
Menginterpretasikan data
|
Menarik Kesimpulan
|
Merancang hipótesis baru berdasarkan kesimpulan
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kognitif :
Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Sesuai prosedur, Analisis
tepat, Interpretasi data benar, Menarik Kesimpulan dengan benar, Hipotesis
sesuai
2 = Kurang sesuai
denganprosedur, Analisis kurang tepat, Interpretasi data kurang benar,
Hipotesis kurang sTindakan benar, tidsuai
1 = Tidak sesuai dengan
prosedur, Analisis tidak tepat, Interpretasi data tidak benar, Menarik
kesimpulan tidak benar, Hipotesis tidak sesuai
Format Penilaian Kognitif Ketika Melakukan
Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
|
|
Mengajukan Pertanyaan
|
Menjawab Pertanyaan
|
Menyampaikan Argumen
|
Menyampaikan Sanggahan
|
Akurasi Informasi
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kognitif :
Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Pertanyaan logis/jawaban
tepat/argumen- sanggahan mempunyai dasar yang kuat
2 = Pertanyaan mendekati
logis/jawaban tepat/argumen-sanggahan mempunyai dasar yang kuat
1 = Pertanyaan tidak
logis/jawaban tepat/argumeb-sanggahan mempunyai dasar yang kuat
Tuban, Januari 2013
Guru Mata Pelajaran,
LPHIE KHASANAH
Tidak ada komentar:
Posting Komentar