Sabtu, 02 Februari 2013

Contoh RPP Berkarakter_"Membuat Busana Anak" Pertemuan 14-16



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pembelajaran                     : Kompetensi Kejuruan Tata Busana
Kelas / Semester                         : X  / I
Alokasi Waktu                              : 10  X  45 menit
Standar Kompetensi                    : Membuat Busana  Anak.                                    
Kompetensi Dasar                       : Menjahit Busana  (Jump Sweet )
                                                     Menyelesaikan busana dengan jahit tangan (Jump Sweet )    
                         
Indikator :   
-  Langkah menjahit  pola Jump Sweet.
-  Mempersiapkan alat-alat  yang dibutuhkan  untuk jahit tangan.
-  Menghias  busana Jump Sweet.

I.    Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan  14 dan 15
1.    Siswa  dapat mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan untuk jahit tangan.
2.    Siswa dapat menyebutkan teknik menghias yang cocok untuk pakaian Jump Sweet
3.    Siswa dapat menyelesaikan Jump Sweet dengan jahit tangan.

I.      Materi Ajar :
  1. Langkah kerja menjahit tangan Jump Sweet
  2. Alat-alat yang di butuhkan untuk jahit tangan.
  3. Menghias Jump Sweet dengan jahit tangan.
 II.    Metode Pembelajaran :
1.    Latihan
2.    Demonstrasi
3.    Pemberian tugas/tugas mandiri

III.   Langkah Pengajaran :
Nilai Budaya karakter Bangsa ( Disiplin, Kerja keras, Mandiri, rasa Ingin tahu )
Pertemuan ke-14
A.   Kegietan Awal : (Tahap Situasional = 30 menit)
1.    Mengabsen peserta didik
2.    Mengkondisikan peserta didik
3.    Memeriksa satu persatu tugas sebelum tatap muka/tugas terstruktur peserta didik.
4.    Mencek hasil jahitan peserta didik
5.    Membimbing peserta didik yang belum memahami tugas, perindividu

B.   Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 60 menit, Tahap Elaborasi dan Tahap Konfirmasi = 45 menit)
1.    Menggali pengetahuan peserta didik Kembali tentang cara menjahit Jump Sweet.
2.    Mengecek alat-alat jahit siswa sesuai prosedur.
3.    Membimbing dan mengarahkan peserta didik menjahit dengan tangan Jump Sweet
4.    Mengarahkan peserta didik untuk memproses setiap langkah menjahit dengan tangan Jump Sweet
5.    Mengarahkan peserta didik memeriksa mutu jahit tangan dan mutu pressing.
6.    Memberikan penguatan /masukan dari kerja siswa.
7.    Membimbing peserta didik merumuskan kesimpulan

C.   Kegietan Akhir : (Evaluasi = 20 menit, Tugas = 5 menit)
1.    Melakukan penilaian terhadap hasil kerja siswa.
2.    Menugaskan peserta didik melanjutkan pekerjaan dirumah.

Pertemuan ke-15
A.   Kegietan Awal : (Tahap Situasional = 30 menit)
1.    Mengabsen peserta didik
2.    Mengkondisikan peserta didik
3.    Memeriksa satu persatu tugas sebelum tatap muka/tugas terstruktur peserta didik.
4.    Mencek hasil jahitan peserta didik
5.    Membimbing peserta didik yang belum memahami tugas, perindividu

B.   Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 60 menit, Tahap Elaborasi dan Tahap Konfirmasi = 45 menit)
1.    Menggali pengetahuan peserta didik Kembali tentang cara menjahit Jump Sweet.
2.    Mengecek alat-alat jahit siswa sesuai prosedur.
3.    Membimbing dan mengarahkan peserta didik mengunakan aksesoris yg tepat untuk Jump Sweet
4.    Mengarahkan peserta didik untuk pemasangan aksesoris yang tepat dengan jahitan tangan pada Jump Sweet
5.    Mengarahkan peserta didik memeriksa mutu jahit tangan pada aksesoris Jump Sweet.
6.    Memberikan penguatan /masukan dari kerja siswa.
7.    Membimbing peserta didik merumuskan kesimpulan

C.   Kegietan Akhir : (Evaluasi = 20 menit, Tugas = 5 menit)
1.    Melakukan penilaian terhadap hasil kerja siswa.
2.    Menugaskan peserta didik melanjutkan pekerjaan dirumah

V. Alat dan Sumber Belajar :
1. Media papan tulis, contoh-contoh pakaian anak.
2. Buku Penuntun Membuat Pola Busana Anak oleh Soekarno
3. Bina Busana Pelajaran Menjahit Busana Wanita oleh M.H. Wancik
4. Pelajaran Menjahit Busana Pria Oleh Soekarno

VI. Penilaian   :
a.    Teknik Penilaian   : Tes Tertulis & Tes Kinerja
b.    Bentuk Instrumen : Uraian/Pilihan ganda/Lembar Observasi

No
Aspek Kemampuan
Kurang
Cukup
Baik
1
Mampu mengkalsifikasikan macam-macam busana anak



2
Mampu memotong bahan



3
Mampu menjahit busana anak



4
Mampu menyelesaikan busana anak dengan jahit tangan.



5
Mampu menghitung harga jual



6
Mampu melakukan pengepresan




Format Penilaian Afektif         :
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai


Partisipasi Dalam Kelompok
Kerjasama
Kelengkapan Tugas Individu/Kelompok
Kerapihan Hasil Kerja
Mengemukakan Gagasan Saat Diskusi


1








2








3








4








5








6








Afektif: Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Kegiatan banyak sekali atau intensitas tinggi
2 = Kegiatan cukup atau intensitas sedang
1 = Kegiatan kurang atau intensitas rendah

Format Penilaian Psikomotorik
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai


Menyiapkan bahan-bahan percobaan
Menggunting/
mengukur kain
Memegang Penjepit Dengan Benar
Menjepit Kain Ketika Pembakaran
Membuang Hasil Pembakaran


1








2








3








4








5








6









Pedoman Penskoran
Psikomotorik: Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Tindakan benar, logis, etis
2 = Tindakan benar, tidak logis, tidak etis
1 = Tindakan salah

Format Penilaian Kognitif
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai


Mengikuti Prosedur dengan Benar
Menganalisis data
Menginterpretasikan data
Menarik Kesimpulan
Merancang hipótesis baru berdasarkan kesimpulan


1








2








3








4








5








6









Kognitif            : Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Sesuai prosedur, Analisis tepat, Interpretasi data benar, Menarik Kesimpulan dengan benar, Hipotesis sesuai
2 = Kurang sesuai denganprosedur, Analisis kurang tepat, Interpretasi data kurang benar, Hipotesis kurang sTindakan benar, tidsuai
1 = Tidak sesuai dengan prosedur, Analisis tidak tepat, Interpretasi data tidak benar, Menarik kesimpulan tidak benar, Hipotesis tidak sesuai

Format Penilaian Kognitif Ketika Melakukan Diskusi
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai


Mengajukan Pertanyaan
Menjawab Pertanyaan
Menyampaikan Argumen
Menyampaikan Sanggahan
Akurasi Informasi


1








2








3








4








5








6









Kognitif            : Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Pertanyaan logis/jawaban tepat/argumen- sanggahan mempunyai dasar yang kuat
2 = Pertanyaan mendekati logis/jawaban tepat/argumen-sanggahan mempunyai dasar yang kuat
1 = Pertanyaan tidak logis/jawaban tepat/argumeb-sanggahan mempunyai dasar yang kuat
Tuban,  Januari 2013
Guru Mata Pelajaran,


LPHIE KASANAH

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pembelajaran         : Kompetensi Kejuruan Tata Busana
Kelas / Semester             : XI  / 4
Alokasi Waktu                  : 5  X  45 menit
Standar Kompetensi        : Membuat Busana Anak                                   
Kompetensi Dasar           : Menghitung harga jual. 

Indikator :   
-           Penghitungan harga jual dilakukan sesuai prosedur.

I.       Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan 16
1.    Siswa dapat menjelaskan cara mencari harga pokok busana yang dibuat.
2.    Siswa dapat menjelaskan cara menghitung harga jual Jump Sweet.
3.    Siswa dapat menghitung harga jual Jump Sweet.

II.      Materi Ajar :
Menghitung harga jual.

III.       Metode Pembelajaran :
1.    Latihan
2.    Demonstrasi
3.    Pemberian tugas/tugas mandiri

IV.      Langkah Pengajaran :
Nilai Budaya karakter Bangsa ( Disiplin, Kerja Keras, Mandiri, Rasa Ingin Tahu)
Pertemuan ke-16
A.   Kegietan Awal : (Tahap Situasional = 30 menit)
1.    Mengabsen peserta didik
2.    Mengkondisikan peserta didik
3.    Memeriksa satu persatu tugas sebelum tatap muka/tugas terstruktur peserta didik
4.    Memotivasi peserta didik dengan memper lihatkan contoh rancangan bahan dan harga
5.    Menginformasikan :
6.    Topik/ KD  pembelajaran
7.    Tujuan pembelajaran

B.   Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 60 menit, Tahap Elaborasi dan Tahap Konfirmasi = 45 menit)
1.    Menggali pengetahuan peserta didik tentang :
2.    Cara mencari harga pokok Jump Sweet yang dibuat.
3.    Cara menghitung harga jual Jump Sweet
4.    Mengecek alat membuat rancangan bahan dan harga peserta didik, menjelaskan cara :
5.    Membuat rancangan bahan dan harga Jump Sweet.
6.    Mendemonstrasikan teknik membuat rancangan bahan dan harga.
7.    Membimbing dan mengarahkan peserta didik membuat rancangan bahan dan harga Jump Sweet.
8.    Membimbing peserta didik membuat rancangan bahan dan harga jual Jump Sweet.
9.    Memberikan penguatan/masukan dari kerja siswa.
10.  Membimbing peserta didik merumuskan kesimpulan.

C.   Kegietan Akhir : (Evaluasi = 20 menit, Tugas = 5 menit)
1.    Melakukan penilaian terhadap hasil kerja  siswa.
2.    Menugaskan peserta didik melanjutkan pekerjaan di rumah.

V. Alat dan Sumber Belajar :
1. Media papan tulis, contoh-contoh pakaian anak.
2. Buku Penuntun Membuat Pola Busana Anak oleh Soekarno
3. Bina Busana Pelajaran Menjahit Busana Wanita oleh M.H. Wancik
4. Pelajaran Menjahit Busana Pria Oleh Soekarno
            
VI. Penilaian   :
a.    Teknik Penilaian   : Tes Tertulis & Tes Kinerja
b.    Bentuk Instrumen : Uraian/Pilihan ganda/Lembar Observasi
No
Aspek Kemampuan
Kurang
Cukup
Baik
1
Mampu mengkalsifikasikan macam-macam busana anak



2
Mampu memotong bahan



3
Mampu menjahit busana anak



4
Mampu menyelesaikan busana anak dengan jahit tangan.



5
Mampu menghitung harga jual



6
Mampu melakukan pengepresan




Format Penilaian Afektif         :
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai


Partisipasi Dalam Kelompok
Kerjasama
Kelengkapan Tugas Individu/Kelompok
Kerapihan Hasil Kerja
Mengemukakan Gagasan Saat Diskusi


1








2








3








4








5








6









Afektif: Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Kegiatan banyak sekali atau intensitas tinggi
2 = Kegiatan cukup atau intensitas sedang
1 = Kegiatan kurang atau intensitas rendah

Format Penilaian Psikomotorik
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai


Menyiapkan bahan-bahan percobaan
Menggunting/
mengukur kain
Memegang Penjepit Dengan Benar
Menjepit Kain Ketika Pembakaran
Membuang Hasil Pembakaran


1








2








3








4








5








6









Pedoman Penskoran
Psikomotorik: Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Tindakan benar, logis, etis
2 = Tindakan benar, tidak logis, tidak etis
1 = Tindakan salah

Format Penilaian Kognitif
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai


Mengikuti Prosedur dengan Benar
Menganalisis data
Menginterpretasikan data
Menarik Kesimpulan
Merancang hipótesis baru berdasarkan kesimpulan


1








2








3








4








5








6









Kognitif            : Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Sesuai prosedur, Analisis tepat, Interpretasi data benar, Menarik Kesimpulan dengan benar, Hipotesis sesuai
2 = Kurang sesuai denganprosedur, Analisis kurang tepat, Interpretasi data kurang benar, Hipotesis kurang sTindakan benar, tidsuai
1 = Tidak sesuai dengan prosedur, Analisis tidak tepat, Interpretasi data tidak benar, Menarik kesimpulan tidak benar, Hipotesis tidak sesuai
 
Format Penilaian Kognitif Ketika Melakukan Diskusi
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai


Mengajukan Pertanyaan
Menjawab Pertanyaan
Menyampaikan Argumen
Menyampaikan Sanggahan
Akurasi Informasi


1








2








3








4








5








6









Kognitif            : Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Pertanyaan logis/jawaban tepat/argumen- sanggahan mempunyai dasar yang kuat
2 = Pertanyaan mendekati logis/jawaban tepat/argumen-sanggahan mempunyai dasar yang kuat
1 = Pertanyaan tidak logis/jawaban tepat/argumeb-sanggahan mempunyai dasar yang kuat

Tuban,  Januari 2013
Guru Mata Pelajaran,



LPHIE KHASANAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar