Rabu, 23 Januari 2013

Contoh RPP Berkarakter_"Membuat Busana Anak" Pertemuan ke 2 - 5


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                             : .........................
Mata Pembelajaran                     : Kompetensi Kejuruan Tata Busana
Kelas / Semester                         : XI  / 4
Standar Kompetensi                    : Membuat Busana  Anak                                   
Kompetensi Dasar                      : Memotong bahan (Gaun anak)
Alokasi Waktu                              : 20  X  45  menit                                  
                                                                                                                                                                             Indikator :
-   Membuat pola baju koko
-   Memberi tanda kampuh pada pola
-   Mengunting baju koko sesuai SOP.
-   Mempersiapkan bahan.
-   Langkah menjahit.
         
I.     Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan  2 dan 3
Setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat :
1.    Menyebutkan alat-alat yang digunakan untuk memotong bahan .
2.    Menata/meletakkan pola pada bahan praktek.
3.    Memberi tanda  pola pada bahan.
4.    Menggunting bahan sesuai SOP. 
Pertemuan 4 dan 5 .
1.    Mempersiapkan bahan tambahan untuk busana gaun anak.
2.    Menjahit sesuai langkah kerja.

II.    Materi Ajar :
1.    Menata/meletakan pola.
2.    Menggunting sesuai SOP.
3.    Memberi tanda pola pada bahan.
4.    Bahan tambahan untuk.
5.    Langkah menjahit.

III.     Metode Pengajaran :
1.    Latihan
2.    Demonstrasi
3.    Pemberian tugas/tugas mandiri

IV.    Langkah Pengajaran :
Nilai Budaya karakter Bangsa ( Rasa ingin tahu )
Pertemuanke-2
A.   Kegietan Awal : (Tahap Situasional = 30 menit)
1.    Mengabsen peserta didik
2.    Mengkondisikan peserta didik
3.    Memeriksa satu persatu tugas sebelum tatap muka/tugas terstruktur peserta didik.
4.    Membahas tugas peserta didik
5.    Membimbing peserta didik yang belum  memahami tugas, perindividu.

B.   Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 60 menit, Tahap Elaborasi dan Tahap Konfirmasi = 45 menit )
1.    Memberikan informasi awal dan menggali pengetahuan peserta didik tentang :
-          alat-alat  yang  digunakan untuk menggunting.
-          cara menata/meletakkan pola diatas bahan
-          cara memindahkan memberi tanda pola pada bahan.
-          cara menggunting bahan.
2.    Membagi bahan praktek untuk membuat busana anak.
3.    Mengecek alat-alat potong siswa
4.    Mendemonstrasikan cara menata pola di atas bahan sesuai tanda pola.
5.    Menjelaskan tentang cara memotong bahan sesuai SOP
6.    Mengarahkan siswa menata pola diatas bahan.
7.    Membimbing dan mengarahkan siswa memotong bahan.
8.    Membimbing siswa memindahkan tanda pola.
9.    Mengarahkan siswa memeriksa mutu potong.
10.  Memberikan penguatan/masukan dari kerja siswa
11.  Membimbing peserta didik merumuskan kesimpulan

C.   Kegietan Akhir : (Evaluasi = 20 menit, Tugas = 5 menit)
1.    Melakukan penilaian terhadap hasil kerja siswa.
2.    Menugaskan peserta didik melanjutkan pekerjaan di rumah.

Pertemuan ke-3
A.   Kegietan Awal : (Tahap Situasional = 30 menit)
1.    Mengabsen peserta didik
2.    Mengkondisikan peserta didik
3.    Memeriksa satu persatu tugas sebelum tatap muka/tugas terstruktur peserta didik.
4.    Membahas tugas peserta didik
5.    Membimbing peserta didik yang belum  memahami tugas, perindividu.

B.   Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 60 menit, Tahap Elaborasi dan Tahap Konfirmasi = 45 menit)
1.    Memberikan informasi awal dan menggali pengetahuan peserta didik tentang :
-          Alat-alat yang digunakan untuk menggunting.
-          Cara menata/meletakkan pola diatas bahan
-          Cara memindahkan/memberi tanda pola pada bahan.
-          Cara menggunting bahan baju koko.
2.    Membagi bahan praktek untuk membuat Baju  koko.
3.    Mencek alat-alat potong siswa
4.    Mendemonstrasikan cara menata pola di atas bahan sesuai tanda pola.
5.    Menjelaskan tentang cara memotong bahan sesuai SOP.
6.    Mengarahkan siswa menata pola diatas bahan.
7.    Membimbing dan mengarahkan siswa memotong bahan.
8.    Membimbing siswa memindahkan tanda pola.
9.    Mengarahkan siswa memeriksa mutu potong.
10.  Memberikan penguatan/masukan dari kerja siswa
11.  Membimbing peserta didik merumuskan kesimpulan

C.   Kegietan Akhir : (Evaluasi = 20 menit, Tugas = 5 menit)
1.    Melakukan penilaian terhadap hasil kerja siswa.
2.    Menugaskan peserta didik melanjutkan pekerjaan di rumah.

Pertemuan ke-4
A.   Kegietan Awal : (Tahap Situasional = 30 menit)
1.    Mengabsen peserta didik
2.    Mengkondisikan peserta didik
3.    Memeriksa satu persatu tugas sebelum tatap muka/tugas terstruktur peserta didik.
4.    Membahas tugas peserta didik
5.    Membimbing peserta didik yang belum memahami tugas, perindividu

B.   Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 60 menit, Tahap Elaborasi dan Tahap Konfirmasi = 45 menit)
1.    Memberikan informasi awal dan menggali pengetahuan peserta didik tentang Bahan tambahan busana anak.
2.    Mencek alat-alat jahit siswa
3.    Mendemonstrasikan tentang  langkah kerja menjahit buasana anak.
4.    Membimbing dan mengarahkan peserta didik menjahit gaun anak.
5.    Mengarahkan peserta didik untuk mempres setiap langkah menjahit baju koko
6.    Mengarahkan peserta didik memeriksa mutu jahit.
7.    Memberikan penguatan/masukan dari kerja peserta didik
8.    Membimbing peserta didik merumuskan kesimpulan

C.   Kegietan Akhir : (Evaluasi = 20 menit, Tugas = 5 menit)
1.    Melakukan penilaian terhadap hasil kerja siswa.
2.    Menugaskan peserta didik melanjutkan pekerjaan di rumah.

Pertemuan ke-5
A.   Kegietan Awal : (Tahap Situasional = 30 menit)
1.    Mengabsen peserta didik
2.    Mengkondisikan peserta didik
3.    Memeriksa satu persatu tugas sebelum tatap muka/tugas terstruktur peserta didik.
4.    Membahas tugas peserta didik
5.    Membimbing peserta didik yang belum memahami tugas, perindividu

B.   Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 60 menit, Tahap Elaborasi dan Tahap Konfirmasi = 45 menit)
1.    Memberikan informasi awal dan menggali pengetahuan peserta didik tentang Bahan tambahan busana anak.
2.    Mencek alat-alat jahit siswa
3.    Mendemonstrasikan tentang  langkah kerja menjahit buasana gaun anak.
4.    Membimbing dan mengarahkan peserta didik menjahit gaun anak.
5.    Mengarahkan peserta didik untuk memproses setiap langkah menjahit gaun anak
6.    Mengarahkan peserta didik memeriksa mutu jahit.
7.    Memberikan penguatan/masukan dari kerja peserta didik
8.    Membimbing peserta didik merumuskan kesimpulan

C.   Kegietan Akhir : (Evaluasi = 20 menit, Tugas = 5 menit)
1.    Melakukan penilaian terhadap hasil kerja siswa.
2.    Menugaskan peserta didik melanjutkan pekerjaan di rumah.

V.      Alat dan Sumber Belajar :
1.    Media papan tulis, contoh-contoh pakaian anak.
2.    Buku Penuntun Membuat Pola Busana Anak oleh Soekarno
3.    Bina Busana Pelajaran Menjahit Busana Wanita oleh M.H. Wancik
4.    Pelajaran Menjahit Busana Pria Oleh Soekarno
            
VI.    Penilaian :
1.    Teknik Penilaian        : Tes Tertulis & Tes Kinerja
2.    Bentuk Instrumen      : Uraian/Pilihan ganda/Lembar Observasi

No
Aspek Kemampuan
Kurang
Cukup
Baik
1
Mampu mengkalsifikasikan macam-macam busana anak



2
Mampu memotong bahan



3
Mampu menjahit busana anak



4
Mampu menyelesaikan busana anak dengan jahit tangan.



5
Mampu menghitung harga jual



6
Mampu melakukan pengepresan







Format Penilaian Afektif         :
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai


Partisipasi Dalam Kelompok
Kerjasama
Kelengkapan Tugas Individu/Kelompok
Kerapihan Hasil Kerja
Mengemukakan Gagasan Saat Diskusi


1








2








3








4








5








6









Afektif: Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Kegiatan banyak sekali atau intensitas tinggi
2 = Kegiatan cukup atau intensitas sedang
1 = Kegiatan kurang atau intensitas rendah

Format Penilaian Psikomotorik
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai


Menyiapkan bahan-bahan percobaan
Menggunting/
mengukur kain
Memegang Penjepit Dengan Benar
Menjepit Kain Ketika Pembakaran
Membuang Hasil Pembakaran


1








2








3








4








5








6









Pedoman Penskoran
Psikomotorik: Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Tindakan benar, logis, etis
2 = Tindakan benar, tidak logis, tidak etis
1 = Tindakan salah

Format Penilaian Kognitif
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai


Mengikuti Prosedur dengan Benar
Menganalisis data
Menginterpretasikan data
Menarik Kesimpulan
Merancang hipótesis baru berdasarkan kesimpulan


1








2








3








4








5








6








Kognitif            : Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Sesuai prosedur, Analisis tepat, Interpretasi data benar, Menarik Kesimpulan dengan benar, Hipotesis sesuai
2 = Kurang sesuai denganprosedur, Analisis kurang tepat, Interpretasi data kurang benar, Hipotesis kurang sTindakan benar, tidsuai
1 = Tidak sesuai dengan prosedur, Analisis tidak tepat, Interpretasi data tidak benar, Menarik kesimpulan tidak benar, Hipotesis tidak sesuai

Format Penilaian Kognitif Ketika Melakukan Diskusi
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai


Mengajukan Pertanyaan
Menjawab Pertanyaan
Menyampaikan Argumen
Menyampaikan Sanggahan
Akurasi Informasi


1








2








3








4








5








6









Kognitif            : Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Pertanyaan logis/jawaban tepat/argumen- sanggahan mempunyai dasar yang kuat
2 = Pertanyaan mendekati logis/jawaban tepat/argumen-sanggahan mempunyai dasar yang kuat
1 = Pertanyaan tidak logis/jawaban tepat/argumeb-sanggahan mempunyai dasar yang kuat



Tuban,  Januari 2013
Guru Mata Pelajaran,



LPHIE KHASANAH, S.Pd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar