Sabtu, 13 Oktober 2012

Latihan Soal Produktif Tata Busana _ "CUSTOMER CARE" (Paket 1)

List Koleksi Soal Produktif Tata Busana lihat disini


I.    Berilah tanda silang (X) huruf a, b, c, d atau e pada jawaban yang paling benar!


1.      Tujuan dasar berkomunikasi adalah………
             a.       Untuk penyampean pesan dari seseorang.
             b.      Untuk memperoleh informasi.
             c.       Untuk menyampaikan ide-ide.
             d.      Untuk membangun kontak social dengan orang sekitar.
             e.       Untuk mengendalikan lingkugan fisik dan fisikologi kita.

2.      Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam berkomunikasi antara lain, kecuali……
a.       Dengan siapa kita berkomunikasi
b.      Volume suara dalam berkomunikasi
c.       Memasukkan kedua tangan kedalam saku
d.      Memusatkan perhatian
e.       Mimik wajah

3.      Komunikasi didunia usaha dianggap berhasil bila……..
a.       Bila telah tercipta kerjasama yang baik antara produsen dan konsumen
b.      Bila telah tercipta produk yang tepat sasaran, tepat waktu dan sesuai dengan kebutuhan konsumen.
c.       Bila setiap indifidu mampu mengatasi keluhan atau konflik yang muncul
d.      Bila mencul perlakuan ramah, professional, dan terbuka antara satu dengan yang lain
e.       Bila mampu mengunakan bahasa yang dimengerti oleh lingkungan setempat

4.      Setiap karyawan perlu menumbukan sikap-sikap sebagai berikut dalam berkomunikasi, kecuali……
a.       Sikap terbuka
b.      Rasa percaya diri
c.       Berbicara efekif
d.      Cara berfikir posiif
e.       Mengembangkan potensi diri

5.      Rasa percaya diri akan tumbuh dengan sedirinya bila sesorang tersebut……
a.       Mengerjakan hal-hal yang dianggap penting saja
b.      Tidak takut pada siapa pun
c.       Belajar dari kegagalan yang berkelanjutan
d.      Yakin dengan apa yang dilaksanakan atau dilakukan
e.       Melakukan perubahan-perubah sesempatnya

6.      Bagaimana seseorang dapat berbicara efektif…….
a.    Harus mampu menyampaikan pikirannya kepada orang lain
b.    Dengan menyusun kalimat demi kalimat
c.    Harus memahami prinsip-prinsip dan teknik berbicara
d.   Apa yang dibicarakan sesuai dengan sasaran
e.    Selalu mengemas apa yang akan dibicarakan

7.      Yang bukan merupakan fakor untuk mengembangkan sikap berfikir positif yaitu……..
a.       Selalu was-was tetapi mempercayai orang tertentu saja
b.      Menggunakan pikiran secara produktif
c.       Menjahui pikiran-pikiran negative
d.      Sadar dalam mengunakan pikiran-pikiran sendiri
e.       Selalu mencari peluang yang mungkin dapat diraih

8.      Untuk mengembangkan potensi diri harus mengenal diri sendiri, karena orang yang mengenal diri sendiri memiliki sikap, kecuali……
a.       Tidak menjadi manusia yang egois
b.      Memiliki hubungan pribadi dengan orang lain
c.       Mengembangkan pribadi kearah yang lebih baik
d.      Membentuk pribadi yang loyal
e.       Penurut dan patuh pada pimpinan
9.      Orang yang mengenal dirinya dan mengetahui potensi dirinya adalah orang-orang yang memiliki….
a.       Jawaban b, c, d, dan e berikut ini benar semua
b.      Jiwa pengapdian
c.       Andal dalam kejujuran
d.      Nalar kesadaran yang baik
e.       Reflesi kesabaran yang tinggi

10.    Dalam karakteristik budaya dan sosial kelas yang dinyatakan dengan variable jabatan, pendapatan, kekayaan, pendidikan dan orientasi terhadap nilai adalah……
a.       Kelas rendah
b.      Kelas tinggi
c.       Kelas metropolis
d.      Kelas social
e.       Kelas menengah

11.    Kepuasan pelanggan merupakan tujuan utama pelayanan prima, hal-hal yang terkait dengan pelayanan prima adalah sebagai berikut kecuali………
a.      Listening
b.      Attending
c.       Attitude
d.      Attention
e.       Reading

12.    Pelayanan terhadap pelanggan harus memperhatikan individu atau pribadi seseorang agar pelayan kita memuaskan, untuk itu perlu cara untuk memperlakukan pelanggan terutama pelanggan anak-anak sehingga cara yang tepat untuk menghadapinya adalah…….
a.       Memperlakukan mereka sebagai anak kecil yang tidak berdaya
b.      Memberikan diskon dengan harga murah dan kualitas yang biasa saja
c.       Obral barang yang bentuknya up to date
d.      Petugas harus memberikan pujian sehingga membuat mereka terkesan
e.       Menjelaskan produk yang dipasarkan dengan jelas dan panjang

13.    Teknik komunikasi perlu diperhatikan agar tidak terjadi kesalah pahaman dalam berkomunikasi hal-hal yang perlu diperhatikan dalam berkomunikasi melalui telepon adalah…..
a.       Ajak pelanggan berbicara akrab
b.      Bersikap wajar dan memperhatikan volume suara
c.       Memberi informasi sejelas-jelasnya
d.      Berbicara dengan semangat
e.       Menegur pelanggan dengan ramah dan senyum

14.    Pegawai hendaknya cukup terlatih untuk menanggapi berbagai keluhan pelanggan, dalam menanggapi  pelanggan perlu memperhatikan langka-langkah sebagai berikut, kecuali…
a.       Sabar dalam menghadapi pelanggan
b.      Memanggil  pelanggan dengan namanya, bukan sapaan
c.       Menanggapi kritik secara pribadi
d.      Meminta maaf walaupun kesalahan bukan dari anda
e.       Jangan mereka-reka jawaban yang tidak tahu

15.    Agar kita mampu memberikan pelayanan yang terbaik, kita harus membaca mimik/sikap pelanggan. Sikap yang sering muncul pada pelanggan wanita adalah marah, cara menghadapinya iyalah....
a.       Menghentikan kemarahan dengan suara keras
b.      Mendengarkan dengan tenang dan sabar, menindak lanjuti keluhan
c.       Membiarkan kemarahan terjadi
d.      Bersikap cuek tidak mau tahu
e.       Menghadapi kemarahan dengan tegas dan melaporkan pada atasan

II    Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar.
1.      Jelaskan pengertian komunikasi dan pengertian pelayanan prima….
2.      Jelaskan hubungan pelayanan prima dengan karakter pelanggan….
3.      Jelaskan bagaimana mengatasi kesalah pahaman antar budaya….
4.      Bagaimana cara mengatasi customer yang tahu segalanya….
5.      Bagaimana cara memperlakukan pelanggan anak-anak….


= GOOD LUCK =
By : Lphie K.                  * Referensi : Buku-bukut Mata pelajaran tata busana.

List Koleksi Soal Produktif Tata Busana lihat disini

1 komentar: