RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK Negeri ......
Mata Pelajaran : Produktif
Kelas / Semester : XII / V
Standar
Kompetensi : Mengawasi Mutu Busana
Kompetensi Dasar : Memeriksa
kualitas bahan utama
Pertemuan ke : 1 dan 2
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Indikator
·
Kualitas bahan utama diperiksa sesuai dengan standar mutu
seperti : konstruksi kain, cacat kain, kekuatan sobek sesuai dengan standar yang
berlaku
·
Memeriksa bahan baku yang akan digunakan sesuai dengan
desain desain yang diminta seperti jenis bahan dan warna.
I.
Tujuan Pembelajaran
·
Siswa mampu memeriksa kualitas bahan utama sesuai dengan standar mutu seperti :
konstruksi kain, cacat kain, kekuatan sobek sesuai dengan standar yang berlaku.
·
Siswa mampu memeriksa bahan baku yang akan digunakan
sesuai dengan desain desain yang diminta seperti jenis bahan dan warna.
II.
Materi Ajar
*
Bermacam-macam bahan utama
* Memilih bahan utama sesuai desain.
III Metoda Pembelajaran
- Menggali informasi
- Diskussi
- Studi Pustaka
IV Langkah Pembelajaran
Nilai Budaya
Karakter Bangsa ( Nilai kedisiplinan, kerja keras, kerja sama, rasa ingin tahu,
percaya diri )
Pertemuan ke 1 sd 2
NO
|
Tahap
|
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Ket
|
1.
|
Tahap Situsional /Apersepsi
|
Pendahuluan
-
Siswa berdoa sebelum belajar
-
Menyampaikan salam kepada siswa
-
Guru mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi
yang akan diajarkan
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
-
Guru menginformasikan manfaat belajar mata
pelajaran
tsb di atas
|
10 menit
|
|
2.
|
Tahap Explorasi
|
Kegiatan Inti
-
Menjelaskan cara mengidentifikasikan bahan pokok yang berkualitas
antara lain kualitas bahan tekstil,corak bahan,serat bahan,tekstur bahan,sifat
bahan dll
- Guru menjelaskan cara memilih
bahan pokok sesuai dengan desain dan disesuaikan berdasarkan kesempatan
- Guru menunjukkan macam-macam contoh bahan yang
berkualitas.
-
Guru membagi kelompok diskusi
- Guru menjelaskan cara memilih
bahan pokok sesuai dengan desain
seperti jenis bahan dan warna dan disesuaikan berdasarkan kesempatan
-
Guru menunjukkan
macam-macam contoh bahan yang berkualitas.
-
Guru menugaskan masing-masing kelompok disskusi untuk
mendiskusikan tentang pemilihan bahan sesuai dengan desain
|
60 menit
|
|
3.
|
Tahap Elaborasi
|
-
Siswa memperhatikan sambil mencatat penjelasan dari
guru
-
Siswa menanyakan hal-hal yang belum dimengerti
-
Siswa mendiskussikan tentang cara memilih bahan pokok untuk pakaian kerja dengan
teknik seni tailoring dan tailoring secara berkelompok
-
Siswa mencatat hasil diskussi dan membacakan hasil
diskussi masing-masing kelompok
-
Siswa melakukan tanya jawab tentang hal-hal yang
berhubungan dengankualitas bahan
tekstil
-
Siswa mencatat dan menyimpulkan hasil pelajaran
|
80 menit
|
|
4.
|
Tahap Konfirmasi
|
Merefleksikan hasil pembelajaran ( mengulang secara
garis besar apa yang sudah dipelajari )
|
10 menit
|
|
5.
|
Evaluasi
|
Memberikan soal postes dari materi yang sudah
dipelajari;
1.
Sebutkan macam-macam corak bahan
2.
Sebutkan macam serat bahan tekstil
3.
Sebutkan macam-macam tekstur bahan
4.
Sebutkan macam-macam sifat bahan tekstil
5.
Sebutkan macam-macam nama-nama bahan yang ada di pasar
6.
Sebutkan nama bahan yang dipilih untuk busana pesta dan
busana kerja
|
15 menit
|
|
6.
|
Tugas
|
-
Memberikan tugas membuat kliping tentang macam-macam
corak bahan tekstil
-
Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam
|
5 menit
|
V Alat/Bahan/Sumber Belajar
- Alat/Bahan : - Whiteboard,
infocus
- Sumber belajar : - Buku paket Pengetahuan Bahan Tekstil
- Buku Pengenalan Bahan Tekstil
- Buku Pemilihan Bahan Tekstil
- Contoh macam-macam bahan utama
VI Penilaian
- Metode Penilaian : - Tes lisan
- Tes tertulis
NO
|
Aspek Kemampuan
|
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
1
|
Siswa mampu memeriksa kualitas
bahan utama sesuai dengan standar mutu
seperti : konstruksi kain, cacat kain, kekuatan sobek sesuai dengan standar
yang berlaku
|
|||
2
|
Siswa mampu memeriksa bahan baku
yang akan digunakan sesuai dengan desain desain yang diminta seperti jenis
bahan dan warna.
|
Psikomotorik
; Skor maximum 3 dan skor minimum 1 dengan kriteria sbb:
3= Jawaban
benar dan tepat
2= Jawaban
benar kurang lengkap
1= Jawaban
salah
Format Penilaian
NO
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||
Pemilihan bahan utama
|
Pemilihan bahan pelengkap
|
Pemilihan garnitur
|
||||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
||||||
8
|
||||||
9
|
||||||
10
|
||||||
11
|
||||||
12
|
||||||
13
|
||||||
14
|
||||||
15
|
||||||
16
|
||||||
17
|
||||||
18
|
||||||
19
|
||||||
20
|
||||||
21
|
||||||
22
|
||||||
23
|
||||||
24
|
||||||
25
|
||||||
26
|
||||||
27
|
||||||
28
|
||||||
29
|
||||||
30
|
||||||
31
|
||||||
32
|
||||||
33
|
||||||
34
|
||||||
35
|
||||||
36
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK Negeri .......
Mata Pelajaran : Produktif
Kelas / Semester : XII / V
Standar
Kompetensi : Mengawasi Mutu Busana
Kompetensi Dasar : Memeriksa
kualitas bahan pelengkap
Pertemuan ke : 3 dan 4
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Indikator
·
Kualitas bahan pelengkap diperiksa sesuai kriteria SOP yang berlaku seperti : daya rekat bahan
pelapis, kekuatan benang, warna benang dan garnitur.
·
Bahan pelengkap diperiksa sesuai dengan desain yang
diminta
I.
Tujuan Pembelajaran
·
Siswa mampu memeriksa kualitas bahan utama sesuai kriteria SOP yang berlaku seperti : daya rekat bahan
pelapis, kekuatan benang, warna benang dan garnitur..
·
Siswa mampu memeriksa bahan pelengkap sesuai dengan
desain yang diminta
II Materi
Ajar
- Kualitas bermacam-macam bahan
pelengkap
- Memilih bahan pelenkap sesuai
desain.
III Metoda Pembelajaran
- Menggali informasi
- Diskussi
- Studi Pustaka
IV Langkah Pembelajaran
Nilai Budaya
Karakter Bangsa ( Nilai kedisiplinan, kerja keras, kerja sama, rasa ingin tahu,
percaya diri )
Pertemuan ke 3 sd 4
NO
|
Tahap
|
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Ket
|
1.
|
Tahap Situsional /Apersepsi
|
Pendahuluan
-
Siswa berdoa sebelum belajar
-
Menyampaikan salam kepada siswa
-
Guru mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi
yang akan diajarkan
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
-
Guru menginformasikan manfaat belajar mata
pelajaran
tsb di atas
|
10
menit
|
|
2.
|
Tahap Explorasi
|
Kegiatan Inti
-
Menjelaskan bermacam-macam bahan pelengkap
-
Menjelaskan cara memilih bahan pelengkap sesuai dengan
desain
-
Guru memperlihatkan macam-macam bahan pelengkap
-
Guru menjelaskan cara memilih bahan pelengkap sesuai
dengan desain dan disesuaikan berdasarkan kesempatan
-
Guru menunjukkan
macam-macam contoh bahan pelengkap yang berkualitas.
|
60
menit
|
|
3.
|
Tahap Elaborasi
|
-
Guru membagi kelompok diskusi dan siswa mendiskussikan
pemilihan bahan pelengkap untuk teknik tailoring
-
Siswa mendiskussikan tentang pemilihan bahan pelengkap semi tailoring sesuai desain
-
Siswa memperhatikan sambil mencatat penjelasan dari
guru
-
Siswa menanyakan hal-hal yang belum dimengerti
-
Siswa melakukan tanya jawab tentang hal-hal yang
berhubungan dengan kualitas bahan
pelengkap sesuai dengan desain dan kesempatan
-
Siswa mencatat dan menyimpulkan hasil pelajaran
|
80
menit
|
|
4.
|
Tahap Konfirmasi
|
Merefleksikan hasil pembelajaran ( mengulang secara
garis besar apa yang sudah dipelajari )
|
10
menit
|
|
5.
|
Evaluasi
|
Memberikan soal postes dari materi yang sudah
dipelajari;
1
Sebutkan macam-macam bahan pelengkap
2
Sebutkan macam bahan pelapis
3
Sebutkan macam-macam garnitur
4
Sebutkan macam-macam bahan tambahan
|
15 menit
|
|
6.
|
Tugas
|
-
Memberikan tugas membuat kliping tentang macam-macam
bahan pelengkap
-
Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam
|
5 menit
|
V Alat/Bahan/Sumber Belajar
- Alat/Bahan : - Whiteboard, infocus
- Sumber belajar : - Buku paket Pengetahuan Bahan Tekstil
- Buku Pengenalan Bahan Tekstil
- Buku Pemilihan Bahan Tekstil
- Contoh macam-macam bahan pelengkap
VI Penilaian
- Metode Penilaian : - Tes lisan
- Tes tertulis
NO
|
Aspek Kemampuan
|
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
1
|
Siswa mampu memeriksa kualitas
bahan utama sesuai kriteria SOP yang berlaku seperti : daya rekat bahan
pelapis, kekuatan benang, warna benang dan garnitur..
|
|||
2
|
Siswa mampu memeriksa bahan
pelengkap sesuai dengan desain yang diminta
|
Psikomotorik
; Skor maximum 3 dan skor minimum 1 dengan kriteria sbb:
3= Jawaban
benar dan tepat
2= Jawaban
benar kurang lengkap
1= Jawaban
salah
Format Penilaian
NO
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||
Pemilihan bahan utama
|
Pemilihan bahan pelengkap
|
Pemilihan bahan tambahan
|
||||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
||||||
8
|
||||||
9
|
||||||
10
|
||||||
11
|
||||||
12
|
||||||
13
|
||||||
14
|
||||||
15
|
By : Lphie K.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar