RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK Negeri 1 Tambakboyo
Mata Pelajaran : Produktif
Kelas / Semester : XII / V
Standar
Kompetensi : Mengawasi Mutu Busana
Kompetensi Dasar : Memeriksa Mutu
Pola
Pertemuan ke : 5 dan 6
Alokasi waktu : 4 X 45 menit
Indikator
* Kelengkapan bagian-bagian pola diperiksa
sesuai dengan analisa desain
* Bentuk pola dperiksa sesuai dengan
desain, garis desain, siluet pola.
* Ukuran pola diperiksa sesuai dengan
ukuran model.
* Tanda-tanda pola diperiksa sesuai dengan
kriteria seperti : tanda arah, ukuran,jumlah potongan pola.
I.
Tujuan Pembelajaran
* Siswa mampu memeriksa kelengkapan
bagian-bagian pola sesuai dengan analisa desain
* Siswa mampu memeriksa bentuk pola sesuai dengan
desain, garis desain, siluet pola
* Siswa mampu memeriksa ukuran pola sesuai
dengan ukuran model.
* Siswa mampu memeriksa tanda-tanda pola
sesuai dengan kriteria seperti : tanda arah, ukuran,jumlah potongan pola
II Materi Ajar
-
Kebersihan pola
-
Pengecekan Pola
III Metoda
Pembelajaran
- Menggali informasi
- Diskussi
- Studi Pustaka
IV Langkah Pembelajaran
Nilai Budaya Karakter
Bangsa ( Kreatif, kerja keras, kerja sama, rasa ingin tahu, percaya diri )
Pertemuan ke 5 sd 6
NO
|
Tahap
|
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Ket
|
1.
|
Tahap Situsional /Apersepsi
|
Pendahuluan
-
Siswa berdoa sebelum belajar
-
Menyampaikan salam kepada siswa
-
Guru mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi
yang akan diajarkanaran
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
-
Guru menginformasikan manfaat belajar mata
pelajaran
tsb di atas
|
10
menit
|
|
2.
|
Tahap Explorasi
|
Kegiatan Inti
-
Menjelaskan kebersihan pola dan memeriksa kebersihan pola dengan
memperhatikan k3
-
Guru menjelaskan cara pengecekan pola
-
Guru
mendemonstrasikan cara pengecekan pola
-
Siswa memeriksa kelengkapan pola blazer dan pola rok
-
Guru menjelaskan cara pengecekan ukuran pola blazer dan rok
-
Guru mendemonstrasikan pengecekan tanda pola rok dab blazer sesuai desain
-
Siswa melakukan pengecekan ukuran pola sesuai dengan
model dan menanyakan yang belum jelas
-
Siswa mengecek pola rok dan blazer masing-masing
-
Guru menjelaskan cara pengecekan tanda arah pola ,ukuran, jumlah potongan
pola sesuai desain
-
Guru mendemonstrasikan pengecekan tanda pola sesuai desain
-
Siswa melakukan pengecekan pola sesuai desain
-
Siswa melakukan pengecekan tanda,arah,ukuran,jumlah potongan
pola
|
80 menit
|
|
3.
|
Tahap Elaborasi
|
-
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru
-
Siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas
-
Siswa bersama-sama mengecek kebersihan pola sesuai dengan memperhatikan k3
-
Siswa melaporkan hasil pengecekan pola blazer dan rok
-
Siswa mencatat penjelasan guru dan menyimpulkan hasi
pelajaran
-
Siswa menanyakan hal yang belum dipahami
-
Siswa mencatat dan menyimpulkan hasil pelajaran
|
60
menit
|
|
4.
|
Tahap Konfirmasi
|
Merefleksikan hasil pembelajaran ( mengulang secara
garis besar apa yang sudah dipelajari )
|
10 menit
|
|
5.
|
Evaluasi
|
Memberikan soal postes dari materi yang sudah
dipelajari;
1.
Sebutkan hal-hal yang dharus diperhatikan dalam proses
pembuatan pola
2.
Sebutkan hal-hal yang diperhatikan dalam proses
pengecekan pola
3.
Sebutkan hal yang paling penting dalam
pembuatan
kerja
4.
Jelaskan cara pengecekan pola sesuai desain
5.
Jelaskan cara mengecek jumlah potongan pola sesuai
desain
|
15 menit
|
|
6.
|
Tugas
|
-
Memberikan tugas mengecek ulang bagian-bagian pola
blazer
-
Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam
|
5 menit
|
V Alat/Bahan/Sumber Belajar
- Alat/Bahan : - Whiteboard, pita ukur, mistar pola, alat-alat tulis
- Sumber belajar : - Buku paket Pembuatan Pola
- Modul membuat pola teknik konstruksi
VI Penilaian
- Metode Penilaian : - Tes lisan
- Tes tertulis
NO
|
Aspek Kemampuan
|
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
1
|
Siswa mampu memeriksa kelengkapan
bagian-bagian pola sesuai dengan analisa desain
|
|||
2
|
Siswa mampu memeriksa bentuk pola sesuai dengan
desain, garis desain, siluet pola
|
|||
3
|
Siswa mampu memeriksa ukuran pola
sesuai dengan ukuran model.
|
|||
4
|
Siswa mampu memeriksa tanda-tanda
pola sesuai dengan kriteria seperti : tanda arah, ukuran,jumlah potongan pola
|
Psikomotorik
; Skor maximum 3 dan skor minimum 1 dengan kriteria sbb:
3= Jawaban
benar dan tepat
2= Jawaban
benar kurang lengkap
1= Jawaban salah
Format Penilaian
NO
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||
Kelengkapan bagian pola sesuai desain
|
Bentuk dan ukuran pola sesuai desain
|
Tanda-tanda pola sesuai kriteria
|
||||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
||||||
8
|
||||||
9
|
||||||
10
|
||||||
11
|
||||||
12
|
||||||
13
|
||||||
14
|
||||||
15
|
||||||
16
|
||||||
17
|
||||||
18
|
||||||
19
|
||||||
20
|
||||||
21
|
||||||
22
|
||||||
23
|
||||||
24
|
||||||
25
|
||||||
26
|
||||||
27
|
||||||
28
|
||||||
29
|
||||||
30
|
||||||
31
|
||||||
32
|
||||||
33
|
||||||
34
|
||||||
35
|
||||||
36
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK Negeri 1 Tambakboyo
Mata Pelajaran : Produktif
Kelas / Semester : XII / V
Standar
Kompetensi : Mengawasi Mutu Busana
Kompetensi Dasar : Memeriksa Mutu
Potong
Pertemuan ke : 7 sd 8
Alokasi waktu : 4 X 45 menit
Indikator
* Hasil
potongan diperiksa kerapihannya sesuai prosedur
* Kemasan
potongan bahan diperiksa sesuai jumlah dan identitas model
*
Hasil pemeriksaan dicatat dan dilaporkan sesuai prosedur kerja.
I Tujuan
Pembelajaran
* Siswa mampu memeriksa kerapihan hasil potongan sesuai
prosedur
* Siswa mampu memeriksa kemasan potongan bahan
sesuai jumlah dan identitas model
* Siswa mampu mencatat hasil pemeriksaan dan melaporkan
sesuai prosedur kerja.
II.
Materi Ajar
* Teknik memotong bahan yang benar
* Kemasan hasil potongan bahan
* Teknik membuat lapopran hasil pemeriksaan
III. Metoda Pembelajaran
- Menggali informasi
- Diskussi
- Studi Pustaka
IV Langkah Pembelajaran
Nilai Budaya
Karakter Bangsa ( Kreatif, kerja keras, kerja sama rasa ingin tahu percaya diri
)
Pertemuan ke 7 sd 8
NO
|
Tahap
|
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Ket
|
1.
|
Tahap Situsional /Apersepsi
|
Pendahuluan
-
Siswa berdoa sebelum belajar
-
Menyampaikan salam kepada siswa
-
Guru mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi
yang akan diajarkan
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
|
10
menit
|
|
2.
|
Tahap Explorasi
|
Kegiatan Inti
-
Guru menjelaskan cara memotong bahan rok dan blazer sesuai prosedur dengan rapi
-
Guru mendemonstrasikan cara meletakkan pola rok dan
blazer diatas bahan
-
Guru mendemontrasikan cara menggunting bahan blazer dan
rok
-
Guru menjelaskan cara melakukan pengemasan sesuai
jumlah dan identitas model
-
Menjelaskan teknik membuat laporan hasil pemeriksaan
dan melaporkan hasil pemeriksaan sesuai prosedur
|
70
menit
|
|
3.
|
Tahap Elaborasi
|
-
Siswa mencatat penjelasan guru dan menyimpulkan hasi
pelajaran
-
Melakukan pengemasan sesuai jumlah dan identitas model
-
Membuat laporan hasil pemeriksaan
|
70
menit
|
|
4.
|
Tahap Konfirmasi
|
-
Merefleksikan hasil pembelajaran ( mengulang secara
garis besar apa yang sudah dipelajari )
-
Memeriksa laporan yang sudah dibuat siswa
|
10
menit
|
|
5.
|
Evaluasi
|
Memberikan soal postes dari materi yang sudah diberikan
1. Sebutkan
hal yang perlu diperhatikan sewaktu meletakkan pola di atas bahan
2. Sebutkan
hal yang perlu diperhatikan sewaktu menggunting bahan
3 Sebutkan hal
yang perlu diperhatikan sewaktu melakukan pengemasan
4. Sebutkan hal
yang perlu diperhatikan dalam membuat catatan dan laporan
|
15 menit
|
|
6.
|
Tugas
|
-
Menugaskan siswa membuat laporan hasil pemeriksaan
terhadap hasil potongan bahan yang berikutnya
-
Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam
|
5 menit
|
V Alat/Bahan/Sumber Belajar
- Alat/Bahan : - Macam-macam
alat memotong bahan
-
White board, Buku catatan
- Sumber belajar : -
Modul memotong bahan
VI Penilaian
- Metode Penilaian : - Tes lisan
- Tes tertulis
NO
|
Aspek
Kemampuan
|
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
1
|
Siswa mampu memeriksa kerapihan
hasil potongan sesuai prosedur
|
|||
2
|
Siswa mampu memeriksa
kemasan potongan bahan sesuai jumlah dan identitas model
|
|||
3
|
Siswa
mampu mencatat hasil pemeriksaan dan melaporkan sesuai prosedur kerja.
|
Psikomotorik
; Skor maximum 3 dan skor minimum 1 dengan kriteria sbb:
3= Jawaban
benar dan tepat
2= Jawaban
benar kurang lengkap
1= Jawaban
salah
Format Penilaian
NO
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||
Ukuran kemasan
|
Bentuk kemasan
|
Identitas pola
|
||||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
||||||
8
|
||||||
9
|
||||||
10
|
||||||
11
|
||||||
12
|
||||||
13
|
||||||
14
|
||||||
15
|
||||||
16
|
||||||
17
|
||||||
18
|
||||||
19
|
||||||
20
|
||||||
21
|
||||||
22
|
||||||
23
|
||||||
24
|
||||||
25
|
||||||
26
|
||||||
27
|
||||||
28
|
||||||
29
|
||||||
30
|
||||||
31
|
||||||
32
|
||||||
33
|
||||||
34
|
||||||
35
|
||||||
36
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar