Sebelumnya saya sudah menulis tentang surat pengajuan pendirian Ekstra Kurikuler dan Proposal Ekstra Kurikuler. kali ini saya akan mencoba membuat silabus sesuai contoh sebelumnya. Silabus ini saya buat secara pribadi, jika pembaca tidak puas abaikan saja atau menjadikan silabus ini sebagai bahan Musyawarah Pelatih Beladiri Ju-Jitsu (MBPJ).
Jika anda tertarik dengan silabus ini, silakah klik Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Materi Beladiri Ju-Jitsu
Silabus tingkat selanjutnya klik Kyu V (Go-Kyu) /Sabuk Kuning
SILABUS BELADIRI JU-JITSU
Nama Sekolah :
.......
Mata Pelajaran : Bela Diri Ju-Jitsu
Tingkat : Kyu VI
(Roku-Kyu) / sabuk Putih
Standar Kompetensi :
I. Aspek Komite
II. Aspek Randori
III. Self Defense
Techniques
Alokasi Waktu : 36
x 45
menit
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan
|
Indikator
|
Penilalaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
/alat/bahan
|
|||
Pembelajaran
|
Nilai KB
|
TM
|
PS
|
PI
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
1. Pukulan (Suto Ricki)
|
§ Mengenali sejarah
Ju-Jitsu
§ Memahami arti lambang Ju-Jitsu
§ Memahami sumpah dan semboyan Ju-Jitsu
§ Mengingat dan mempraktikkan gerakan
pukulan kepalan tangan/Sotochi
§ Mengingat dan mempraktikkan gerakan
pukulan tebakan dada
§ Mengingat dan mempraktikkan gerakan
pukulan tusuk 5 jari
§ Mengingat dan mempraktikkan gerakan
pukulan sodokan
§ Mengingat dan mempraktikkan gerakan
pukulan sisi tangan/Seken
|
§ Menjelaskan sejarah berdiri dan bergembangnya
Ju-Jitsu
§ Menjelaskan arti lambang Ju-Jitsu
§ Menjelaskan sumpah dan semboyan Ju-Jitsu
§ Mendemonstrasikan gerakan pukulan:
-
Kepala tangan/Sotochi
-
Tebakan dada
-
Tusuk 5 jari
-
Sodokan
-
Sisi tangan/ Seken
|
* Cinta damai
* Tanggung
Jawab.
* Peduli ling-
kungan.
|
§ Siswa mampu menjelaskan sejarah Ju-Jitsu
§ Siswa mengerti dan memahami lambang Ju-Jitsu
§ Siswa memahami dan mampu menerapkan sumpah dan
semboyan Ju-Jitsu.
§ Siswa mampu mengingat dan mempraktikan gerakan
pukulan:
-
Kepala tangan/Sotochi
-
Tebakan dad
-
Tusuk 5 jari
-
Sodokan
-
Sisi tangan/ Seken
|
* Tes lisan
* Pengamatan
* Praktik
|
||||
2. Tangkisan (Uke Waza)
|
§ Mengingat dan mempraktikkan gerakan tangkisan
atas
§ Mengingat dan mempraktikkan tangkisan
samping atas
§ Mengingat dan mempraktikkan tangkisan bawah
§ Mengingat dan mempraktikkan tangkisan dalam
§ Mengingat dan mempraktikkan tangkisan gunting
atas
§ Mengingat dan mempraktikkan tangkisan gunting
bawah
|
§ Mendemonstrasikan gerakan tangkisan:
- Atas
- Samping atas
- Bawah
- Dalam
- Gunting
- Guntung bawah
|
* Cinta damai
* Tanggung
Jawab.
* Peduli ling-
kungan
|
§ Siswa mampu mengingat dan mempraktikan gerakan
tangkisan:
- Atas
- Samping atas
- Bawah
- Dalam
- Gunting
- Guntung bawah
|
* Tes lisan
* Pengamatan
* Praktik
|
||||
3. Tendangan (Keri Waza)
|
§
Mengingat
dan mempraktikkan tendangan gajul
§
Mengingat
dan mempraktikkan tendangan Te
§
Mengingat
dan mempraktikkan tendangan Sabit
|
§ Mendemonstrasikan gerakan tendangan:
- Gajul
- Te
- Sabit
|
* Cinta damai
* Tanggung
Jawab.
* Peduli ling-
kungan
|
§ Siswa mampu mengingat dan mempraktikan gerakan tendangan:
- Gajul
- Te
- Sabit
|
* Tes lisan
* Pengamatan
* Praktik
|
||||
4. Lemparan/ bantingan (Nage Waza)
|
§
Mengingat
dan mempraktikkan lemparan Ungos/Ugoshi
§
Mengingat
dan mempraktikkan lemparan Teotos/Tai-o-tochi
§
Mengingat
dan mempraktikkan lemparan Sotongare/O-soto-gari
§
Mengingat
dan mempraktikkan lemparan Koosotongare/Ko-o-soto-gari
|
§ Mendemonstrasikan gerakan lemparan/ bantingan:
- Ungos/Ugoshi
- Teotos/Tai-o-tochi
- Sotongare/O-soto-gari
- Koosotongare/Ko-o-soto-gari
|
* Cinta damai
* Tanggung
Jawab.
* Peduli ling-
kungan
|
§ Siswa mampu mengingat dan mempraktikan gerakan
lemparan/ bantingan:
- Ungos/ Ugoshi
- Teotos/ Tai-o-tochi
- Sotongare/ O-soto-gari
- Koosotongare/ Ko-o-soto-gari
|
* Tes lisan
* Pengamatan
* Praktik
|
||||
5. Jatuhan (Ukemi Waza)
|
§
Mengingat
dan mempraktikkan jatuhan Depan
§
Mengingat
dan mempraktikkan jatuhan Belakang
§
Mengingat
dan mempraktikkan jatuhan Samping Kanan/Kiri
§
Mengingat
dan mempraktikkan jatuhan Rol Depan
§
Mengingat
dan mempraktikkan jatuhan Rol Belakan
|
§ Mendemonstrasikan gerakan jatuhan:
- Depan
- Belakang
- Samping kanan/ kiri
- Roll depan
- Rol belakang
|
* Cinta damai
* Tanggung
Jawab.
* Peduli ling-
kungan
|
§ Siswa mampu mengingat dan mempraktikan jatuhan:
- Depan
- Belakang
- Samping kanan/ kiri
- Roll depan
- Rol belakang
|
* Tes lisan
* Pengamatan
* Praktik
|
||||
6. Sikap dasar
|
§
Mengingat
dan mempraktikkan sikap dasar 1 sampai 4
|
§ Mendemonstrasikan gerakan sikap dasar 1 sampai
4
|
* Cinta damai
* Tanggung
Jawab.
* Peduli ling-
kungan
|
§ Siswa mampu mengingat dan mempraktikan sikap
dasar satu sampai empat
|
* Tes lisan
* Pengamatan
* Praktik
|
||||
7. Kuda – kuda dasar
|
§
Mengingat
dan mempraktikkan 4 kuda – kuda dasar
|
§ Mendemonstrasikan 4 gerakan kuda – kuda dasar
|
* Cinta damai
* Tanggung
Jawab.
* Peduli ling-
kungan
|
§ Siswa mampu mengingat dan mempraktikan 4 kuda
–kuda dasar
|
* Tes lisan
* Pengamatan
* Praktik
|
||||
8. Randore bawah
|
§
Mengingat
dan mempraktikkan Randore bawah
|
§ Mendemonstrasikan gerakan randore bawah
|
* Cinta damai
* Tanggung
Jawab.
* Peduli ling-
kungan
|
§ Siswa mampu mengingat dan mempraktikan randore
bawah
|
* Tes lisan
* Pengamatan
* Praktik
|
||||
9. Komite bayangan
|
§
Mengingat
dan mempraktikkan komite bayangan
|
§ Mendemonstrasikan gerakan komite bayangan
|
* Cinta damai
* Tanggung
Jawab.
* Peduli ling-
kungan
|
§ Siswa mampu mengingat dan mempraktikan komite
bayangan
|
* Tes lisan
* Pengamatan
* Praktik
|
Silabus tingkat selanjutnya klik Kyu V (Go-Kyu) /Sabuk Kuning
Tidak ada komentar:
Posting Komentar