Rabu, 04 Maret 2015

SILABUS BELADIRI JU-JITSU Kyu VI (Roku-Kyu) "sabuk Putih"

Sebelumnya saya sudah menulis tentang surat pengajuan pendirian Ekstra Kurikuler dan Proposal Ekstra Kurikuler. kali ini saya akan mencoba membuat silabus sesuai contoh sebelumnya. Silabus ini saya buat secara pribadi, jika pembaca tidak puas abaikan saja atau menjadikan silabus ini sebagai bahan Musyawarah Pelatih Beladiri Ju-Jitsu (MBPJ).
Jika anda tertarik dengan silabus ini, silakah klik Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Materi Beladiri Ju-Jitsu

Silabus tingkat selanjutnya klik Kyu V (Go-Kyu) /Sabuk Kuning

SILABUS BELADIRI JU-JITSU
Nama Sekolah               : .......
Mata Pelajaran              : Bela Diri Ju-Jitsu
Tingkat                         : Kyu VI (Roku-Kyu) / sabuk Putih
Standar Kompetensi      : I. Aspek Komite
                                     II. Aspek Randori
                                    III. Self Defense Techniques
Alokasi Waktu               : 36  x   45 menit


Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan


Indikator

Penilalaian
Alokasi Waktu

Sumber
/alat/bahan
Pembelajaran
Nilai KB
TM
PS
PI
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1.     Pukulan (Suto Ricki)
§ Mengenali sejarah Ju-Jitsu
§ Memahami arti lambang Ju-Jitsu
§ Memahami sumpah dan semboyan Ju-Jitsu
§ Mengingat dan mempraktikkan gerakan pukulan kepalan tangan/Sotochi
§ Mengingat dan mempraktikkan gerakan pukulan tebakan dada
§ Mengingat dan mempraktikkan gerakan pukulan tusuk 5 jari
§ Mengingat dan mempraktikkan gerakan pukulan sodokan
§ Mengingat dan mempraktikkan gerakan pukulan sisi tangan/Seken
§ Menjelaskan sejarah berdiri dan bergembangnya Ju-Jitsu
§ Menjelaskan arti lambang Ju-Jitsu
§ Menjelaskan sumpah dan semboyan Ju-Jitsu
§ Mendemonstrasikan gerakan pukulan:
-       Kepala tangan/Sotochi
-       Tebakan dada
-       Tusuk 5 jari
-       Sodokan
-       Sisi tangan/ Seken
* Cinta damai
* Tanggung
    Jawab.
* Peduli ling-
   kungan.
§ Siswa mampu menjelaskan sejarah Ju-Jitsu
§ Siswa mengerti dan memahami lambang Ju-Jitsu
§ Siswa memahami dan mampu menerapkan sumpah dan semboyan Ju-Jitsu.
§ Siswa mampu mengingat dan mempraktikan gerakan pukulan:
-        Kepala tangan/Sotochi
-       Tebakan dad
-       Tusuk 5 jari
-       Sodokan
-       Sisi tangan/ Seken
* Tes lisan
* Pengamatan
* Praktik




2.   Tangkisan (Uke Waza)
§ Mengingat dan mempraktikkan gerakan tangkisan atas
§ Mengingat dan mempraktikkan tangkisan samping atas
§ Mengingat dan mempraktikkan tangkisan bawah
§ Mengingat dan mempraktikkan tangkisan dalam
§ Mengingat dan mempraktikkan tangkisan gunting atas
§ Mengingat dan mempraktikkan tangkisan gunting bawah
§ Mendemonstrasikan gerakan tangkisan:
-       Atas
-       Samping atas
-       Bawah
-       Dalam
-       Gunting
-       Guntung bawah
* Cinta damai
* Tanggung
    Jawab.
* Peduli ling-
   kungan
§ Siswa mampu mengingat dan mempraktikan gerakan tangkisan:
-       Atas
-       Samping atas
-       Bawah
-       Dalam
-       Gunting
-       Guntung bawah
* Tes lisan
* Pengamatan
* Praktik




3. Tendangan (Keri Waza)
§ Mengingat dan mempraktikkan tendangan gajul
§ Mengingat dan mempraktikkan tendangan Te
§ Mengingat dan mempraktikkan tendangan Sabit
§ Mendemonstrasikan gerakan tendangan:
-       Gajul
-       Te
-       Sabit
* Cinta damai
* Tanggung
    Jawab.
* Peduli ling-
   kungan
§ Siswa mampu mengingat dan mempraktikan gerakan tendangan:
-       Gajul
-       Te
-       Sabit
* Tes lisan
* Pengamatan
* Praktik




4.   Lemparan/ bantingan (Nage Waza)
§ Mengingat dan mempraktikkan lemparan Ungos/Ugoshi
§ Mengingat dan mempraktikkan lemparan Teotos/Tai-o-tochi
§ Mengingat dan mempraktikkan lemparan Sotongare/O-soto-gari
§ Mengingat dan mempraktikkan lemparan Koosotongare/Ko-o-soto-gari
§ Mendemonstrasikan gerakan lemparan/ bantingan:
-       Ungos/Ugoshi
-       Teotos/Tai-o-tochi
-       Sotongare/O-soto-gari
-       Koosotongare/Ko-o-soto-gari
* Cinta damai
* Tanggung
    Jawab.
* Peduli ling-
   kungan
§ Siswa mampu mengingat dan mempraktikan gerakan lemparan/ bantingan:
-       Ungos/ Ugoshi
-       Teotos/ Tai-o-tochi
-       Sotongare/ O-soto-gari
-       Koosotongare/ Ko-o-soto-gari
* Tes lisan
* Pengamatan
* Praktik




5.     Jatuhan (Ukemi Waza)
§ Mengingat dan mempraktikkan jatuhan Depan
§ Mengingat dan mempraktikkan jatuhan Belakang
§ Mengingat dan mempraktikkan jatuhan Samping Kanan/Kiri
§ Mengingat dan mempraktikkan jatuhan Rol Depan
§ Mengingat dan mempraktikkan jatuhan Rol Belakan
§ Mendemonstrasikan gerakan jatuhan:
-       Depan
-       Belakang
-       Samping kanan/ kiri
-       Roll depan
-       Rol belakang
* Cinta damai
* Tanggung
    Jawab.
* Peduli ling-
   kungan
§ Siswa mampu mengingat dan mempraktikan jatuhan:
-       Depan
-       Belakang
-       Samping kanan/ kiri
-       Roll depan
-       Rol belakang
* Tes lisan
* Pengamatan
* Praktik




6.     Sikap dasar
§ Mengingat dan mempraktikkan sikap dasar 1 sampai 4
§ Mendemonstrasikan gerakan sikap dasar 1 sampai 4
* Cinta damai
* Tanggung
    Jawab.
* Peduli ling-
   kungan
§ Siswa mampu mengingat dan mempraktikan sikap dasar satu sampai empat
* Tes lisan
* Pengamatan
* Praktik




7.     Kuda – kuda dasar
§ Mengingat dan mempraktikkan 4 kuda – kuda dasar
§ Mendemonstrasikan 4 gerakan kuda – kuda dasar
* Cinta damai
* Tanggung
    Jawab.
* Peduli ling-
   kungan
§ Siswa mampu mengingat dan mempraktikan 4 kuda –kuda dasar
* Tes lisan
* Pengamatan
* Praktik




8. Randore bawah
§ Mengingat dan mempraktikkan Randore bawah
§ Mendemonstrasikan gerakan randore bawah
* Cinta damai
* Tanggung
    Jawab.
* Peduli ling-
   kungan
§ Siswa mampu mengingat dan mempraktikan randore bawah
* Tes lisan
* Pengamatan
* Praktik




9. Komite bayangan
§ Mengingat dan mempraktikkan komite bayangan
§ Mendemonstrasikan gerakan komite bayangan
* Cinta damai
* Tanggung
    Jawab.
* Peduli ling-
   kungan
§ Siswa mampu mengingat dan mempraktikan komite bayangan
* Tes lisan
* Pengamatan
* Praktik





Silabus tingkat selanjutnya klik Kyu V (Go-Kyu) /Sabuk Kuning

Semoga bermanfaat



Saran bacaan:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar